Petani Jeruk Pamelo Madu dari Pati Sukses Tembus Pasar Internasional

Petani Jeruk Pati, Jawa Tengah (Foto: Humas Kementan)

MONITOR, Pati – Warga asal Gembong Petani Jeruk Pamelo Madu yang sukses tembus ke pasar lokal dan Internasional, berkat ketekunan dan keuletan dibidang Pertanian. Hal ini diutarakan kepada Wakil Bupati Pati H. Saiful Arifin saat mengunjungi lokasi pertanian Jeruk Pamelo di Desa Siti Luhur, Kecamatan Gembong. Minggu, (22/7),Pukul, 14.30 WIB.

Sebelumnya, Sutahar hanya buruh panen Kapuk (Ngunduh Kapuk) yang penghasilannya tidak cukup untuk kebutuhan ekonomi rumah tangga. Kemudian mencoba-coba beralih tanam jeruk Pamelo Madu yang memanfaatkan tanah milik PSDA di Desa Siti Luhur, Kecamatan Gembong (Jolong 2).

Dengan keuletannya dalam menekuni tani Jeruk Pamelo Madu sebanyak 200 pohon dalam satu tahun satu pohon Jeruk Pamelo Madu miliknya dapat penghasilan sejumlah 5 Juta Rupiah. Kalau sebanyak 200 pohon dalam satu tahun, Sutahar berpenghasilan sebesar 1 Miliar Rupiah.

Jeruk Pamelo Madu Sutahar sudah tembus di pasar Lokal masuk ke Swalayan-swalayan seperti Indomart, bahkan permintaan pasar Internasional juga ada. Tetapi, karena permintaan pasar lokal saja belum dapat mencukupi jadi belum bisa melayani pasar Internasional.

Yang awalnya hanya buruh mocok ngunduh kapuk, berkat keuletannya Sutahar sudah mampu membeli rumah diwilayah Jl. Manggis Winong Pati Kota.

Wakil Bupati Pati H. Saiful Arifin saat kunjungannya ke lahan pertanian Jeruk Pamelo Madu milik Sutahar mengatakan,”Inilah yang kita harapakan dari masyarakat Pati mau fokus menekuni usaha Pertanian maupun Peternakan sehingga dapat sukses menuju ekonomi kerakyatan. Pemerintah daerah akan mensuport melalui Dinas terkait untuk membantu sisi pembinaannya maupun memasarkan hasil panennya sebagai produk unggulan Kabupaten Pati sehingga dapat mengentaskan kemiskinan,”katanya.

“Warga Pati harus mulai bergerak menjadi pengusaha meskipun dimulai dari usaha kecil, jika ditekuni akan mensejahterakan keluarganya,”kata Wakil Bupati Saiful Arifin kembali.