Bank BTN Gelar Program Siswa Mengenal Nusantara

Perkuat Jiwa Nasionalisme, BTN Ajak Siswa Mengenal Nusantara

MONITOR, Jakarta – PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) kembali mengadakan Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) sebagai rangkaian program BUMN Hadir Untuk Negeri dan menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-73.

Direktur Bank BTN, Dasuki Amsir mengatakan, kegiatan yang sudah dilaksanakan sejak 2015 ini merupakan program pertukaran siswa yang diinisiasi Kementerian BUMN bertujuan menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air kepada siswa SMA/SMK/SLB.

“Tahun ini, Bank BTN melibatkan 23 siswa-siswi Provinsi Bengkulu yang terpilih dari 60 siswa yang telah diseleksi mengikuti program SMN untuk diberangkatkan ke Mamuju, Sulawesi Barat, Jakarta, Minggu (5/8).

Para siswa SMN dari Bengkulu di Mamuju dijadwalkan akan mengunjungi sejumlah lokasi di antaranya objek wisata Lombang-lombang, Alam Kanang,pulau Karampuang, Pantai Manakarra dan situs sejarah seperti Masjid Imam Lapeo, dan study tour melihat langsung pabrik cokelat dan beras, serta studi banding ke sejumlah sekolah unggulan di Mamuju.

“Program SMN tahun ini diharapkan dapat menguatkan jiwa nasionalisme diantaranya materi Bela Negara seperti penerapan ideologi Pancasila, dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari dan nilai-nilai kebangsaan yang bisa meningkatkan kecintaan mereka terhadap tanah air,” ujarnya.

Sementara itu peserta SMN yang terpilih dari Mamuju akan diterima di Bengkulu untuk mempelajari keanekaragaman adat istiadat, kekayaan alam dan nilai-nilai budaya di daerah tersebut.

Dua puluh enam siswa SMN yang dari Mamuju juga mendapat kesempatan langsung mempelajari proses produksi teh celup, kopi Robusta dan pembuatan sirup jeruk Kalamansi yang menjadi ciri khas Bengkulu.

Selain study tour ke kebun teh dan kopi, siswa SMN juga mengenal lebih jauh kain Besurek, khas Bengkulu di kabupaten Kapahiang.

Sebagai puncak dari acara BUMN Hadir untuk Negeri di Bengkulu, Bank BTN berencana menggelar Upacara Bendera 17 Agustus yang dirangkai dengan kegiatan jalan sehat dan pasar murah bagi warga Bengkulu.