Lampu Warna-warni di Kali Item Terlihat Cantik dari Wiswa Atlet Asian Games

Kali Item di Kemayoran akan dipercantik

MONITOR, Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana memasang lampu warna-warni di atas Kali Sentiong atau Kali Item yang melintas di samping Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. Itu dilakukan untuk mempercantik kali yang sebelumnya dikeluhkan warga karena airnya berwarna hitam dan bau tidak sedap.

“Untuk beautifikasinya nanti dipasang lampu dan ornamen-ornamen lainnya. Teman-teman dari Dinas Perindustrian dan Energi sudah siap memasangnya. Mungkin bisa jadi tempat yang menarik,” ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, di Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (25/7).

Hiasan lampu warna-warni, kata Sandi, akan lebih terlihat indah jika diperhatikan dari atas wisma atlet yang dijadikan para atlet dari 45 negara akan menginap.

“Apalagi kalau dari lantai 12  Kampung Atlet, kemarin ada yang mengambil foto, itu cukup menarik sih apalagi kalau misalnya kita tulis Jakarta Asian Games 2018,” tutur Sandi.

Semua itu dilakukan, lanjut Sandi, karena tidak ingin mencoreng event Asian Games hanya gara-gara Kali Item. Padahal, Kali Sentiong ini telah tercemar sejak lama, namun dibiarkan.

“Sebetulnya di test event, Pak Raja Sapta Pak Erick Thohir sendiri sudah sampaikan sudah jauh berkurang sekali dibanding dulu-dulu. Karena mereka juga antisipasi cafetaria kan tempatnya deket situ. Nah tapi Pak Anies sama saya nggak mau ambil risiko. Jangan sampai kita tercoreng,” imbuhnya.

Sebelumnya Pemprov DKI melakukan pemasangan jaring untuk mengurangi penguapan air limbah yang ada di Kali Sentiong. Dengan begitu, bau menyengat sedikit berkurang. Selanjutnya, Pemprov akan menambah teknologi aerotor dan nano bubble untuk menjernihkan air kali.