Kali Item Berbusa, Anies Langsung Tinjau Lokasi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta jajarannya mengecek keberadaan Kali Item (dok: UPK Badan Air DLH)

MONITOR, Jakarta – Keberadaan Kali Item yang sempat menjadi sorotan saat berlangsungnya perhelatan Asian Games di gelar di Jakarta, kembali menghebohkan. Gara-garanya warga melihat banyaknya tumpukan busa di permukaan kali yang letaknya bersebelahan dengan wisma atlet tersebut.

Mendengar kabar ini, Gubernur Jakarta Anies Baswedan beserta jajarannya langsung turun ke lapangan untuk meninjau dan melihat langsung keadaan yang sebenarnya.

Tiba di lokasi, Anies yang juga ditemani oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Saefullah, langsung mengecek keberadaan kondisi pompa di area Kali Item.

Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Badan Air DKI Jakarta menyatakan busa tebal yang muncul di Kali Item disebabkan pengoperasian pompa air di Danau Sunter Selatan. Pompa itu mengalirkan air dari Danau Sunter Selatan ke Kali Item.

“Terjadi karena operasional pompa yang menyedot air dari Waduk Sunter Selatan 1 ke Kali Sentiong,” kata Kepala Satuan Pelaksana UPK Badan Air Jakarta Utara Lambas Sigalingging.

Sementara itu, dari pantauan MONITOR, tumpukan busa di permukaan Kali Item yang sempat menghebohkan warga setempat sudah tak terlihat. Kabarnya tumpukan busa tersebut hilang sendirinya terbawa arus air kali.