Ternyata Ini Penyebab Kali Item Kemayoran Berbusa

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta jajarannya meninjau lokasi Kali Item dan Danau Sunter

MONITOR, Jakarta – Faktor penyebab Kali Item Kemayoran, Jakarta Pusat, mengeluarkan busa akhirnya terjawab. Kali yang posisinya tidak jauh dari Wisma Atlet ini rupanya sudah tercemar oleh limbah detergen.

Diketahui, adanya limbah detergen dalam aliran Kali Item, setelah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau langsung proses pemompaan air Kali Setiong atau yang saat ini dikenal dengan Kali Item tersebut.

“Jadi air yang masuk ke kali item salah satunya berasal dari Danau Sunter. Pada saat air dipompa untuk masuk ke Kali Item itu ternyata menimbulkan buih busa sabun yang sangat tebal. Berarti sudah bisa diketahui kalau air yang masuk ke Kali Item ini mengandung limbah sabun,” terang Anies kepada wartawan, Kamis (3/1/2019).

Menurut Anies, hal ini tidak bisa dibiarkan. Harus ada penanganan yang komprehensif.

Aliran air Danau Sunter juga berbusa

“Selama produk yang digunakan oleh masyarakat untuk mencuci standar, maka pencemaran lingkungannya tinggi dan kita akan selalu mengalami masalah ini,” kata Anies.

Oleh karena itu, orang nomor satu di Jakarta ini mengatakan pihaknya akan secepatnya melakukan pertemuan dengan Menteri Perdagangan dan Menteri Perindustrian guna membahas pencemaran kali karena limbah detergen.

Anies mengatakan pertemuan tersebut bertujuan salah satunya untuk membuat regulasi. “Agar ada regulasi yang lebih baik yang menyangkut detergen di Indonesia,” tuturnya.

“Pengaturan regulasi itu dirasa penting agar rumah tangga menggunakan produk yang ramah lingkungan. Sebab, lanjut Anies, jika tidak diatur soal penggunaan detergen, limbah detergen yang mencemari kali akan semakin tinggi,” pungkas Anies.