MONITOR, Jakarta – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) melalui PT. Garuda Sepak Bola Indonesia (GSI) bersama Erspo, mitra resmi apparel Timnas Indonesia, secara resmi mengumumkan pelaksanaan sayembara untuk desain jersey terbaru Timnas Indonesia. Inisiatif ini melibatkan para Garuda Fans secara aktif, mulai dari proses pembuatan desain hingga pemilihan melalui mekanisme polling online.
Pengumuman ini disampaikan dalam konferensi pers yang digelar di kantor Erspo, FX Lantai 7, Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga menegaskan bahwa langkah ini merupakan kali pertama PSSI melakukan proses pembuatan Jersey Timnas Indonesia yang melibatkan para fans dalam upaya memajukan sepakbola nasional.
“Ini merupakan langkah kolaboratif yang memungkinkan para Garuda Fans untuk menunjukkan dukungan nyata mereka. Dengan desain dari fans sendiri, jersey ini akan menjadi simbol kebanggaan yang dikenakan para pemain di lapangan hijau,” ujar Arya.
Proses development jersey terbaru ini akan ada beberapa tahap. Tahap pertama, yakni sayembara desain pola jersey, akan berlangsung pada 11-16 Desember 2024. Setelah itu, desain yang terpilih akan mengikuti proses pemungutan suara atau polling secara online yang akan dilaksanakan pada 20-22 Desember 2024.
Desain pola jersey yang diajukan harus mengusung tema Keberagaman, yang mencerminkan semangat persatuan dan kekayaan budaya yang menjadi karakter khas bangsa Indonesia.
PSSI melalui PT. GSI dan Erspo berharap lewat sayembara ini, hubungan antara Timnas Indonesia dan para penggemarnya semakin erat. Dengan melibatkan Garuda Fans dalam proses kreatif ini, jersey yang dihasilkan tidak hanya menjadi identitas pemain di lapangan hijau, tetapi juga kebanggaan bagi Indonesia.
“Melalui sayembara dan polling ini, Erspo bersama PSSI mengajak masyarakat untuk ikut berkontribusi dalam proses pembuatan desain jersey baru Timnas Indonesia. Inisiatif ini bertujuan untuk mewakili aspirasi dan kreativitas publik, seiring dengan besarnya antusiasme terhadap Squad Garuda yang diharapkan bisa melaju ke Piala Dunia 2026. Meski demikian, tim internal Erspo juga telah mempersiapkan dari segi design dan kesiapan produk, namun dengan adanya keterlibatan dari masyarakat ini diharapkan dapat menyempurnakan hasil akhir Jersey Timnas Indonesia, menjadikannya simbol kebanggaan bersama,” ujar Sadad, CEO Erspo.
Dengan adanya keterlibatan masyarakat pencinta sepakbola dan timnas, PSSI berharap agar masyarakat dapat semakin mau menghargai hasil produk orisinil (asli – hanya membeli barang asli dan bukan palsu/bajakan).
Jersey hasil sayembara ini direncanakan akan diperkenalkan kepada publik pada tahun 2025 dan digunakan dalam berbagai kompetisi internasional mendatang. Informasi lebih lanjut mengenai sayembara ini dapat diakses melalui situs PSSI.org dan Kitagaruda.id.
MONITOR, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono memberikan warning kepada seluruh jajarannya…
MONITOR, Palembang - Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Chusnunia Chalim, memimpin kunjungan kerja reses…
MONITOR, Jakarta - Kompetisi kasta ketiga Indonesia yakni PNM Liga Nusantara 2024/25 resmi diputar. Kickoff…
MONITOR, Jakarta - Sebagai wujud kepedulian dan implementasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PT…
MONITOR, Jakarta - Menteri Agama Nasaruddin Umar memberi pesan khusus kepada stakeholders penyelenggara perhajian di…
MONITOR, Bali - Pemerintah meyakini prospek industri fesyen dan kriya lokal memiliki potensi yang cerah…