PARLEMEN

DPR Kecam Serangan Israel ke Markas UNIFIL PBB, Harap 2 Prajurit TNI Segera Pulih

MONITOR, Jakarta – Anggota DPR RI Sukamta mengecam keras serangan Israel ke markas besar pasukan penjaga perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Lebanon atau UNIFIL yang menyebabkan 2 prajurit TNI pasukan perdamaian terluka. Menurutnya,
tindakan Israel sudah melecehkan dan tidak menghormati lembaga PBB.

“Tindakan Israel yang terang-terangan menyerang pasukan PBB, jelas telah melecehkan kehormatan lembaga PBB,” ujar Sukamta, Senin (14/10/2024).

Serangan Israel kepada pasukan United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) pada Kamis (10/10) melukai 2 anggota TNI yang sedang menjalankan tugas pemantauan di menara pemantau di markas kontingen Indonesia di Naqoura, Lebanon selatan. Sukamta berharap prajurit TNI yang terluka saat sedang menjalankan misi perdamaian dapat segera pulih.

“Semoga prajurit kita yang terluka dapat segera pulih dan kembali menjalankan tugas mulianya dalam misi perdamaian dunia,” ungkap Sukamta yang pada periode DPR sebelumnya bertugas di Komisi I dengan bidang pertahanan dan luar negeri itu.

Pangkalan militer UNIFIL yang diserang Israel berada di dalam area ‘Garis Biru’ yang merupakan garis demarkasi antara Lebanon dan Israel. Kedua personel TNI tersebut telah menerima perawatan di fasilitas medis terdekat dan saat ini dalam kondisi stabil. Luka yang dialami mereka berasal dari luncuran peluru dari tank Merkava milik pasukan Israel.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres telah menyampaikan solidaritasnya kepada Indonesia menyusul serangan Israel yang melukai 2 prajurit TNI. Ia juga menyampaikan simpatinya kepada rakyat Indonesia menyusul serangan tersebut.

Meski begitu, Sukamta menilai PBB semestinya menjatuhkan sanksi kepada Israel mengingat pasukan perdamaian UNIFIL yang diserang militer Israel bertugas di bawah mandat Dewan Keamanan (DK) PBB melalui Resolusi 1701 untuk mendukung stabilitas Lebanon.

“Mestinya DK PBB tidak perlu ragu untuk menjatuhkan sanksi yang kuat kepada Israel dengan melarang semua negara untuk melakukan embargo senjata dan ekonomi kepada Israel,” kata Sukamta.

“Saya tidak habis pikir, apa yang ditunggu DK PBB untuk menghukum Israel? Apakah menunggu seluruh timur tengah terjadi kiamat kemanusiaan?” lanjutnya.

Sukamta menyatakan, tindakan keji Israel tidak bisa dibiarkan terus menerus. Menurutnya sikap pembiaran kepada Israel mengakibatkan serangannya semakin meluas, bahkan hingga merangsek ke markas misi perdamaian PBB yang seharusnya bebas dari serangan.

“Kalau begini terus akan menyebabkan jatuhnya tingkat kepercayaan masyarakat dunia kepada PBB dan DK PBB ke tiitik paling rendah dalam sejarah,” tukas Sukamta.

Legislator dari Dapil DI Yogyakarta itu pun menekankan kondisi peperangan di wilayah Timur Tengah sudah berada dalam tingkat yang sangat berbahaya. Kendati Pemerintah Indonesia sudah mengambil langkah untuk berkoordinasi terkait kondisi 2 prajurit TNI yang terluka, kata Sukamta, tetap saja Pemerintah harus lebih banyak menyampaikan protes atas tindakan Israel karena telah melukai nilai-nilai kemanusiaan.

“Ini kondisi yang sangat berbahaya. Konflik bisa semakin tidak terkendali, karena tak ada lagi kepercayaan terhadap lembaga internasional dan terhadap negara-negara besar yang selama ini sering menyerukan demokrasi dan kemanusiaan,” jelasnya.

Menurut Sukamta, Indonesia sudah sewajarnya menyatakan sikap tegas atas sikap Israel yang melanggar hukum humaniter internasional dan Resolusi DK PBB 1701 sebagai dasar mandat UNIFIL. Apalagi prajurit TNI sudah menjadi korban.

Sukamta berharap pemerintah Indonesia bisa mengambil peran yang lebih kuat. Indonesia juga diharapkan dapat menjadi inisator dalam menggalang dukungan untuk kemerdekaan Palestina.

“Kita berharap di Pemerintahan baru Pak Prabowo, Indonesia bisa berperan lebih kuat dengan menjadi inisator menggalang dukungan untuk kemerdekaan Palestina dan di sisi lain juga menggalang pengucilan terhadap Israel,” tutur Sukamta.

Sebagai informasi Militer Israel menyerang Markas Besar Pasukan Perdamaian PBB (
UNIFIL di Naqoura, Lebanon. Dua prajurit TNI yang bertugas sebagai Pasukan Perdamaian PBB terluka akibat serangan itu.

Akibat serangan tersebut UNIFIL menyatakan eskalasi di sepanjang Garis Biru (Blue Line) menyebabkan kerusakan luas di kota-kota dan desa-desa di Lebanon selatan. Garis Biru ialah garis pemisah Lebanon dari Israel dan Dataran Tinggi Golan.

Konflik di wilayah Lebanon memang meningkat secara dramatis dalam beberapa minggu terakhir. Peristiwa Israel mengebom pinggiran selatan Beirut, bagian selatan dan Lembah Bekaa telah menewaskan banyak pemimpin tinggi Hizbullah. Sementara itu, Kementerian Kesehatan Lebanon melaporkan 22 orang tewas dan 117 orang terluka akibat serangan Israel.

Recent Posts

Pertamina Sinergi Dengan Perusahaan Jepang Akselerasi Pengurangan Emisi Melalui Injeksi C02 Teknologi CCUS

MONITOR, Jakarta - PT Pertamina (Persero) terus berkomitmen mendukung target Net Zero Emmission. Salah satu…

1 jam yang lalu

LSAK Minta KPK Bongkar Dugaan KKN yang Libatkan Mantu dan Anak Dua Menteri Jokowi

MONITOR, Jakarta - Lembaga Studi Anti Korupsi (LSAK) mendukung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memulai penyelidikan…

2 jam yang lalu

Dianggap Bikin Gaduh, Politisi PKB Minta Kemenag Pertimbangkan Revisi PMA No.22 Tahun 2024

MONITOR, Jakarta - Publik dibuat bingung dengan munculnya Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 22 Tahun…

3 jam yang lalu

Duta Besar Rwanda ke Bojongsari-Depok Beri Tausiah Pelantikan Pimpinan Cabang Aisyiyah

MONITOR, Depok - Perempuan memiliki peran penting menghadapi tantangan global. Pesan ini disampaikan Yang Mulia…

3 jam yang lalu

Kementan Dorong Pelaku Usaha Perluas Ekspor Produk Unggas Nasional

MONITOR, Jakarta - Kementerian Pertanian menegaskan bahwa komoditas daging ayam ras dan telur ayam ras…

3 jam yang lalu

UMKM Binaan Pertamina Raih Predikat Best Eco Friendly di Panggung JMFW 2024

MONITOR, Jakarta - PT Pertamina (Persero) menggandeng Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaannya di…

3 jam yang lalu