BISNIS

Catatkan 12.564.497 Jam Kerja Aman, NR Raih Penghargaan Patra Nirbhaya dari Kementerian ESDM

MONITOR, Jakarta – Jamin keandalan operasional dengan mengutamakan aspek keselamatan kerja, PT Nusantara Regas (NR) memperoleh pengakuan dari Kementerian ESDM. NR berhasil meraih penghargaan Patra Nirbhaya Karya Madya dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada kategori Tanpa Kehilangan Jam Kerja Sebagai Akibat Kecelakaan di Hotel JS Luwansa pada Senin (07/10).

Penghargaan Patra Nirbhaya merupakan apresiasi nasional yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Minyak dan Gas (Ditjen Migas) kepada perusahaan yang menunjukkan prestasi luar biasa dalam operasional bisnis tanpa kehilangan jam kerja akibat kecelakaan. PT Nusantara Regas berhasil mencatatkan lebih dari 12.564.497 jam kerja aman tanpa kehilangan hari kerja akibat kecelakaan selama 13 tahun berturut-turut sejak 2011.

Penghargaan ini diserahkan secara langsung kepada Direktur Keuangan dan Dukungan Bisnis NR, Setyo Nugroho. Setyo menjelaskan bahwa prestasi ini menjadi bukti konsistensi NR dalam menjaga kegiatan operasional secara optimal dan efisien dengan memprioritaskan aspek safety.

“Meraih penghargaan Patra Nirbhaya Kategori Utama adalah bukti atas komitmen tak tergoyahkan kami terhadap keselamatan di tempat kerja. Ini semakin memperkuat posisi NR sebagai perusahaan penyedia energi gas bumi yang mengutamakan keselamatan, kesehatan, dan keamanan di seluruh aspek operasional,” pungkas Setyo.

Lebih lanjut, Setyo pun menggarisbawahi bahwa implementasi HSSE di NR senantiasa berlandaskan pada standar keselamatan industri migas, mencakup perlindungan pekerja, instalasi, serta lingkungan.

“Kami akan terus meningkatkan aspek keselamatan demi keberlangsungan bisnis NR dan menjaga kepercayaan para pemangku kepentingan serta masyarakat di area operasional kami,” ujar Setyo.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI, Bahlil Lahadalia, yang didampingi oleh Plt. Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Dadan Kusdiana, kepada 76 perusahaan migas dari sektor hulu dan hilir yang berhasil mencapai prestasi keselamatan kerja.

Dalam sambutannya, Bahlil menyampaikan apresiasi tinggi kepada seluruh perusahaan migas yang telah berkomitmen menjaga keselamatan kerja dalam operasionalnya.

“Penghargaan Keselamatan Migas ini merupakan apresiasi kepada badan usaha yang berhasil menjamin keselamatan kerja tanpa kehilangan jam kerja, sekaligus mendorong peningkatan prestasi keselamatan kerja di masa mendatang,” pungkas Bahlil.

Dengan penghargaan ini, NR semakin berkomitmen untuk terus meningkatkan dan mengintegrasikan nilai-nilai budaya keselamatan kerja ke seluruh aspek bisnis dan operasional perusahaan sebagai bagian dari tanggung jawab setiap tingkatan pekerja.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan Pertamina komitmen menerapkan standar  HSSE (Health, Safety, Security, and Environment) yang tinggi sesuai standar perusahaan migas internasional. 

“Pertamina terus berinovasi menciptakan lingkungan kerja yang aman, nyaman, sehat, dan berbudaya HSSE sejalan dengan visi  perusahaan mewujudkan ketahanan energi nasional,” ujar Fadjar. 

Nusantara Regas adalah afiliasi PT Pertamina (Persero) yang didirikan bersama PT Perusahaan Gas Negara, Tbk, yang menjalankan operasi Floating Storage & Regasification Unit (FSRU) Jawa Barat di Perairan Teluk Jakarta dan Onshore Receiving Facility Muara Karang, DKI Jakarta. Fasilitas ini menerima dan memproses LNG menjadi pasokan energi pembangkit listrik yang punya peran vital di Jakarta dan Jawa Barat.

Recent Posts

DPR Dukung Bersih-bersih Pungli di Rutan KPK, Dorong Reformasi Sistem

MONITOR, Jakarta - Anggota DPR RI Gilang Dhielafararez menyambut positif upaya bersih-bersih yang dilakukan KPK…

8 menit yang lalu

Anggota DPR: Pendirian Lembaga Sosial Harus Melalui Verifikasi Ketat

MONITOR, Jakarta - Anggota DPR RI Arzeti Bilbina menyampaikan pendirian lembaga sosial harus melalui proses…

2 jam yang lalu

Langkah Kementan Menjaga Stabilitas Pasokan dan Harga Ayam Tingkat Peternak

MONITOR, Jakarta - Langkah strategis stabilisasi perunggasan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) menuai hasil, harga ayam…

2 jam yang lalu

Progres Konstruksi Seksi 1 Capai 67,23 Persen, Jasa Marga Targetkan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Selesai Sesuai Rencana

MONITOR, Yogyakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. melalui anak usahanya PT Jasamarga Jogja Bawen…

3 jam yang lalu

Kementan Perluas Negara Tujuan Ekspor Unggas Ke Timur Tengah

MONITOR, Jakarta - Setelah Timor Leste, Jepang dan Singapura, Indonesia berhasil melakukan ekspansi pasar ekspor…

3 jam yang lalu

Sentil Menteri BUMN, Noel: Sibuk Bermain Politik Nyari Posisi

MONITOR, Jakarta - Ketua Umum relawan Prabowo Mania, Immanuel Ebenezer, mengkritik pengelolaan Badan Usaha Milik…

8 jam yang lalu