PARLEMEN

Momen Puan Maharani Teteskan Air Mata di Rapat Terakhir DPR 2019-2024

MONITOR, Jakarta – Ketua DPR RI Puan Maharani mengapresiasi kerja sama yang baik antara semua pihak dalam kerja-kerja DPR Periode 2019-2024. Atas nama pimpinan dan anggota DPR, ia juga meminta maaf atas kekurangan selama lima tahun mengemban amanah.

Hal tersebut Puan sampaikan saat memimpin Rapat Paripurna Penutupan Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024-2025. Rapat Paripurna ini menjadi rapat terakhir DPR periode 2019-2024.

“Apa yang telah kita kerjakan pada masa sidang ini dan selama 5 tahun masa kerja merupakan kerja kolektif dari seluruh anggota DPR RI, Komisi, Badan, dan Alat Kelengkapan Dewan lainnya,” ujar Puan saat menyampaikan pidato dalam Rapat Paripurna terakhir DPR periode 2019-2024 di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2024).

“Atas nama Pimpinan DPR RI, kami menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas capaian kerja Bapak/Ibu yang terhormat, seluruh Anggota DPR RI,” sambung perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu yang disambut dengan tepuk tangan dari anggota dewan yang hadir.

Puan menyebut, kini tibalah saatnya akhir masa bakti anggota DPR periode 2019-2024 yang telah 5 tahun bekerja dan berupaya. Ia menyadari bahwa tidak semua dapat dilaksanakan secara sempurna.

“DPR RI harus terus menyempurnakan diri, menerima kritik dan otokritik, memperbaiki segala kekurangan, meningkatkan kualitas kelembagaan, serta semakin memenuhi harapan rakyat,” jelas Puan.

Lebih lanjut, mantan Menko PMK itu mengucapkan terima kasih kepada para mitra kerja DPR atas kerja sama dalam membangun bangsa. Puan pun menyampaikan permohonan maaf bila ada hal yang kurang berkenan selama kerja bersama pada periode DPR ini.

“Atas nama pimpinan dan seluruh anggota DPR RI periode 2019-2024, kami menyampaikan apresiasinya kepada seluruh jajaran Pemerintahan, Lembaga Negara serta seluruh mitra kerja lainnya dalam membangun Indonesia. Kami juga menyampaikan permohonan maaf apabila selama bermitra terdapat hal-hal yang kurang berkenan,” paparnya.

Tidak lupa, Puan juga mengepresiasi kerja dari media yang ikut mengawal jalannya kedaulatan rakyat. Menurutnya, semua kritik dan saran dari rekan-rekan pers yang diberikan kepada dewan telah menjadi bahan masukan yang sangat berharga bagi perbaikan DPR.

“Kami juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para akademisi, para pakar, para mahasiswa, kalangan intelektual, LSM, dan komponen masyarakat yang telah menjadi mitra kritis atas setiap kebijakan negara yang diputuskan oleh DPR RI. Semoga partisipasi dalam mengawal kebijakan publik tersebut terus dapat dilakukan karena dapat mencerdaskan kehidupan bangsa,” tambah Puan.

Apresiasi dan ucapan terima kasih pun turut dihaturkan Puan kepada seluruh perangkat kerja ASN DPR RI serta perangkat pendukung yang telah ikut menopang berbagai urusan administratif, kunjungan kerja, dan persidangan.

“Sehingga ikut membantu kelancaran dan keberhasilan kerja DPR RI,” katanya.

Dan yang paling utama, Puan atas nama pimpinan dan anggota DPR periode 2019-2014 mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia atas dukungan selama ini. Ia juga meminta maaf kepada masyarakat apabila dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, DPR masih memiliki kekurangan.

“Atas nama Pimpinan dan seluruh Anggota DPR RI, kami juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan rakyat kepada kami sehingga dapat menjalankan kedaulatan rakyat yang diamanatkan kepada kami,” sebut Puan.

“Kami juga menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan kami selama menjalankan tugas. DPR RI akan selalu menyempurnakan diri agar semakin dekat dengan harapan rakyat,” lanjut cucu Bung Karno itu.

Secara khusus, Puan memberi apresiasi atas kerja bersama seluruh anggota DPR RI periode 2019-2024. Termasuk dengan terus menjaga dinamika yang harmonis serta konstruktif dalam menjalankan tugas konstitusional.

“Kami, pimpinan DPR RI, juga memohon maaf apabila selama memimpin DPR RI terdapat hal-hal yang kurang berkenan bagi Anggota DPR RI ataupun bagi fraksi-fraksi DPR RI. Semoga kita dapat terus menyempurnakan DPR RI sebagai lembaga wakil rakyat yang semakin baik,” ungkap Puan.

Usai Rapat Paripurna Terakhir Anggota dewan Periode 2019-2024 hari ini, sebanyak 580 anggota DPR terpilih untuk periode 2024-2029 dari 84 daerah pemilihan (dapil) akan dilantik esok hari, Selasa (1/10). Terbata-bata menahan air mata, Puan pun mengucapkan selamat bertugas bagi Anggota DPR RI terpilih periode 2024-2029.

“Esok tanggal 1 Oktober 2024 para calon Anggota DPR RI hasil Pemilu 2024 akan mengucapkan sumpah/janji di hadapan Sidang Paripurna Dewan untuk memulai masa tugas anggota DPR RI untuk lima tahun ke depan. Selamat bertugas kepada Anggota DPR RI periode 2024-2029,” tuturnya sambil meneteskan air mata.

“Bagi Anggota DPR RI yang belum terpilih kembali, selamat bekerja dan mengabdikan diri di tempat tugas yang baru, serta terus menjalankan komitmennya membangun Indonesia, terus mempersatukan rakyat dalam semangat gotong royong,” imbuh Puan dengan sesekali menyeka air matanya.

Puan mengatakan, membangun Indonesia dapat dilakukan dengan berbagai cara dan sarana yang positif. Setiap kontribusi yang dilakukan, menurutnya, akan sangat berarti untuk kemajuan Indonesia.

“Kita tidak perlu menjadi luar biasa untuk memulai kerja membangun Indonesia. Yang terpenting adalah kita harus memulai kerja untuk dapat menjadikan Indonesia luar biasa,” ujarnya.

“Marilah kita terus mengambil peran dan kerja bersama dalam menjaga, merawat, dan membangun Indonesia,” imbuh Puan di akhir pidatonya disambut standing applause dari seluruh anggota DPR periode 2019-2024 yang hadir dalam rapat paripurna terakhir.

Seusai pidato Puan, Rapat Paripurna dilanjutkan dengan acara pemberian piagam dan pin penghargaan untuk anggota DPR periode 2019-2024 yang diwakili dari perwakilan fraksi. Adapun yang Diah Pitaloka mewakili Fraksi PDIP, Meutya Hafid mewakili Fraksi Golkar, Subarma untuk Fraksi Gerindra, Roberth Rouw dari Fraksi NasDem, Marwan Dasopang untuk Fraksi PKB, Guntur Sasono dari Fraksi Demokrat, Diah Prawitasari untuk Fraksi PKS, Selamet Aryadi dari Fraksi PAN dan Achmad Baidowi untuk Fraksi PPP.

Puan pun menutup masa kerja DPR Periode 2019-2024 dengan menyalami dan berfoto bersama dengan para anggota DPR periode 2019-2024 yang mengikuti Rapat Paripurna terakhir.

Recent Posts

Pansus Angket Haji Publish Lima Rekomendasi, Ini Tanggapan Kemenag

MONITOR, Jakarta - Pansus Angket Haji hari ini membacakan hasil kerjanya di hadapan sidang Paripurna…

8 menit yang lalu

Puan Ungkap DPR 2019-2024 Selesaikan 225 Rancangan Undang-undang

MONITOR, Jakarta - Anggota DPR RI periode 2019-2024 akan menyelesaikan masa tugasnya hari ini di…

3 jam yang lalu

KKP Raih Penghargaan dari Bareskrim Polri Atas Kinerja Penegakan Hukum

MONITOR, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan…

3 jam yang lalu

Rapat Paripurna Terakhir Sahkan Sejumlah UU

MONITOR, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani memimpin Rapat Paripurna terakhir DPR Periode 2019-2024.…

3 jam yang lalu

Kemenag akan Gelar Pramuka Madrasah Nasional

MONITOR, Jakarta - Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag, akan kembali menggelar…

5 jam yang lalu

Berikan Pembekalan Anggota MPR Terpilih, Bamsoet: Pentingnya Penguatan Kelembagaan MPR RI 2024-2029

MONITOR, Jakarta - Ketua MPR RI ke-16 Bambang Soesatyo menuturkan sebagai perwujudan dari fungsi utama…

6 jam yang lalu