Minggu, 8 September, 2024

Rilis Program Beasiswa Cendekia, Menag Apresiasi Kinerja dan Capaian BAZNAS

MONITOR, Jakarta – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) hari ini merilis program Beasiswa Cendekia Baznas 2024. Rilis program ini berlangsung di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin Jakarta

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi beragama inovasi, kinerja, dan capaian yang dilakukan Baznas. “Saya ingin menyampaikan apresiasi dan rasa bangga saya terhadap BAZNAS yang sangat luar biasa tidak berhenti melakukan inovasi-inovasi pengelolaan zakat ini dengan baik,” ujar Menag di Jakarta, Selasa (23/7/2024).

Menag mengungkapkan bahwa potensi zakat di Indonesia sangat besar. “Ada 327 triliun rupiah potensi zakat yang bisa bisa dikumpulkan, sementara saat ini Baznas sudah mampu mengumpulkan 41 triliun rupiah dengan manfaat yang sebegitu besarnya,” kata sosok yang akrab disapa Gus Men ini.

“Saya membayangkan jika 327 triliun rupiah potensi zakat itu bisa dikumpulkan separuhnya saja, maka akan sangat luar biasa dampaknya untuk Indonesia,” sambungnya.

- Advertisement -

Dikatakan Menag, hal tersebut butuh kerja keras dari semua pihak terkait. Menag mengungkapkan bahwa beberapa waktu lalu, jajarannya telah mendiskusikan untuk membuat taskforce antara Baznas dan Kementerian Agama guna mendorong pengumpulan zakat melalui Baznas sehingga kian maksimal dan optimal. Ia berharap agar ​​​​​hasil diskusi mengenai hal​​​​​​​ ​​​​​​​tersebut dapat segera ditindaklanjuti.

“Zakat ini kan persoalan kepercayaan. Kalau kesadaran untuk berzakat, saya yakin sudah ada di semua umat Islam, khususnya di Indonesia ini. Namun kepercayaan tentang penyaluran zakat, ini yang kita harus bangun.” kata Menag.

Katua Baznas Noor Achmad mengatakan bahwa program beasiswa cendekia agar terus digulirkan karena dirasa banyak memberikan manfaat kepada masyarakat. “Dalam catatan kami, sudah ada 4000 alumni beasiswa. Ada yang sudah bekerja sebegai ASN, karyawan di perusahaan-perusahaan swasta, di Non Govermental Organization, ada yang juga menjadi dokter,” tutur Ketua BAZNAS RI, Noor Achmad.

Ia mengungkapkan bahwa selain memberikan beasiswa pada mahasiswa yang belajar di perguruan tinggi, Baznas juga memberikan beasiswa kepada calon mahasiswa. Saat ini, tercatat sebanyak 2.700 calon mahasiswa telah diterima di perguruan tinggi yang diidam-idamkan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER