BUMN

Gelar RUPS, Anak Usaha Pertamina, Nusantara Regas Sukses Catatkan Pendapatan USD 81 juta

MONITOR, Jakarta – PT Nusantara Regas menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahun Buku 2023 di Jakarta, Selasa (21/05). Dalam RUPS yang dihadiri oleh perwakilan Pemegang  Saham, PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Gas Negara, Tbk, Dewan Komisaris serta Direksi, Nusantara Regas mencatatkan pendapatan USD 81,08 juta dari hasil jasa regasifikasi LNG dengan menggunakan fasilitas Floating Storage & Regasification Unit (FSRU) Jawa Barat. 

Dalam kinerja operasinya, Nusantara Regas telah menyalurkan gas 89,54 Juta MMBTU dari hasil penerimaan 32,45 kargo LNG untuk pembangkit listrik vital di wilayah Jakarta dan Jawa Barat. Nusantara Regas juga membuktikan kehandalan operasi dengan pencapaian Plant Availability Factor mencapai 97,37% dan Plant Thermal Efficiency mencapai 98,54%. Dari awal beroperasi pada 2011 hingga 2023, Nusantara Regas berhasil mencatatkan 12.564.153 jam kerja selamat yang membuktikan komitmen pelaksanaan HSSE yang serius dan konsisten. 

“Pencapaian bersinar 2023 ini bukti upaya kami untuk memberi nilai tambah bagi para stakeholders. Kami berterima kasih atas dukungan Pemegang Saham, Dewan Komisaris, para Perwira Nusantara Regas dan seluruh mitra bisnis. Ini menjadikan kami optimis meraih pencapaian lebih baik lagi,” ujar Direktur Utama PT Nusantara Regas, Mohd. Iskandar Mirza.

Dalam rangka perluasan bisnis, ke depan NR memfokuskan pengembangan langkah Perusahaan sebagai penyedia infrastruktur gas LNG retail di Indonesia guna mendorong pemanfaatan energi ramah lingkungan. NR juga akan mengintegrasikan fasilitasnya bersama Subholding Gas Pertamina demi mendukung ketahanan energi bagi masyarakat. 

”Kami yakin LNG adalah masa depan energi Indonesia dan ketahanan serta ketersediaan energi tidak lagi bisa ditawar. Kami sangat yakin bisa ambil peran besar salah satunya adalah penyediaan fasilitas LNG Bunkering dan Breakbulking sehingga mendukung kemandirian energi Indonesia. Ini menambah portofolio kami yang sebelumnya menjadi Perusahaan yang mengoperasikan FSRU pertama di Asia Tenggara ini,” tambah Mirza. 

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso menyampaikan bahwa Pertamina terus mendorong kinerja bisnis gas sebagai energi transisi yang dikelola oleh Subholding Gas dan seluruh anak usahanya.

“Kinerja positif Nusantara Regas sebagai anak usaha PGN akan memperkuat bisnis gas Pertamina di era transisi energi,”imbuh Fadjar.

Recent Posts

Optimalkan Serap Naker Lokal, Kemenperin Aktif Gelar Pelatihan Vokasi Industri

MONITOR, Jakarta - Sesuai Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) Tahun 2015-2035, industri perkapalan, elektronika,…

42 menit yang lalu

Tiba di Arafah, Jemaah: Senang Sekali Bisa Sampai di Sini, Seperti Mimpi

MONITOR, Jakarta - Jemaah haji Indonesia sudah mulai tiba di Arafah untuk melaksanakan wukuf pada…

2 jam yang lalu

Liburan Sekolah, Pelita Air Tambah Rute Baru Balikpapan-Yogyakarta-Balikpapan

MONITOR, Jakarta - Untuk mendukung masa libur sekolah dan libur Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul…

6 jam yang lalu

Mentan Amran Ajak Petani Kalteng Percepat Optimasi dan Pompanisasi

MONITOR, Kalteng - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengajak para petani di Kalimantan Tengah…

9 jam yang lalu

IKM Dukung Percepatan Diversifikasi Pangan Berbasis Agrikultur

MONITOR, Jakarta - Kementerian Perindustrian terus memacu peningkatan produksi pangan dalam negeri guna menjaga dan…

10 jam yang lalu

Jelang Idul Adha 2024, Pertamina Patra Niaga Sigap Tambah Solar dan LPG 3 Kg

MONITOR, Jakarta - Menjelang Idul Adha 2024, Pertamina Patra Niaga terus melakukan monitor pergerakan kebutuhan BBM…

11 jam yang lalu