Minggu, 28 April, 2024

Ketum Persis Paparkan Kriteria Pemimpin Nasional yang Ideal

MONITOR, Jakarat – Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PP Persis) melalui Bidang Dakwah, Bidang Keorganisasian, bekerjasama dengan Dewan Hisbah belum lama ini menyelenggarakan seminar siasah bagi para dai. Kegiatan ini bertema “Penguatan Nilai-nilai Siasah Ala Minhajin Nubuwwah (Etika Propetik dalam Berpolitik).”

Dalam acara tersebut, Ketua Umum PP Persis Ustaz Jeje Zaenudin membahas tentang kriteria para pemimpin yang ideal, baik untuk legislatif maupun eksekutif. Pada garis besarnya, jelas Ustaz Jeje, kriteria pemimpin nasional yang ideal mencakup dua aspek, yaitu aspek integritas dan aspek kapabilitas.

“Aspek integritas meliputi sifat-sifat jujur (shidiq), terpercaya (amanah), cerdas (fathanah), dan terbuka atau transparan ( tabligh),” kata Ustaz Jeje dalam keterangannya.

- Advertisement -

Ia melanjutkan, aspek kapabilitas di antaranya mencakup kemampuan leadership dan manajemen bernegara yang mumpuni, sanggup mewujudkan visi dan misi yang telah dirumuskan, kuat dan sehat lahir batin, tegas, dan berwibawa.

“Selain itu, karena kita juga negara demokratis, di mana pemimpin dihasilkan melalui pemungutan suara rakyat, maka akseptabilitas menjadi penting. Karena pemimpin itu yang dapat diterima oleh semua kelompok masyarakat Indonesia yang sangat majemuk,” ujar dia.

“Pada akhirnya siapapun yang dipilih rakyat itulah yang jadi pemimpin, terlepas dari apapun kelebihan dan kekurangannya,” imbuhnya

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER