Selasa, 30 April, 2024

Pertamina SMEXPO 2023 Hadir di Pekanbaru, Diikuti 30 UMKM Unggulan dan Suguhkan Ragam Acara Menarik

MONITOR, Pekanbaru – PT Pertamina (Persero) gelar pameran Pertamina SMEXPO 2023 di Pekanbaru sebagai upaya mendukung dan memajukan UMKM lokal. Pameran ini digelar selama lima hari (15-19/11/2023) di Living World, mengusung tema “Melangkah dari Lokal ke Global.”

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengungkapkan, SMEXPO 2023 telah dilaksanakan di tiga kota lainnya yakni Jakarta, Balikpapan, dan Semarang, yang mendapat apresiasi positif dari masyarakat. SMEXPO di Pekanbaru kali ini diharapkan juga menorehkan apresiasi serupa.

“Pertamina SMEXPO 2023 tidak sekedar pameran produk UMKM, namun sebagai wadah pembinaan dari Pertamina untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian UMKM dalam membaca tren pasar,” jelas Fadjar.

Selain itu, Pertamina juga memberi ruang bagi UMKM inklusi, dengan melibatkan komunitas disabilitas yang disebut “Sobat Istimewa”, untuk mengapresiasikan kreativitas dalam bentuk karya dan prestasi yang dituangkan dalam berbagai produk unggulan.

- Advertisement -

Corporate Secretary PT Pertamina Hulu Rokan, Rudi Ariffianto mengatakan, SMEXPO 2023 menjadi upaya nyata untuk memperkenalkan produk UMKM secara luas, melalui beragam aktivitas. “Ini merupakan wujud nyata dari komitmen Pertamina terhadap pilar-pilar keberlanjutan, terutama dalam mengimplementasikan program pembinaan sebagai bagian inklusif dari Pertamina Sustainable Economy,” katanya. 

Rudi menambahkan, seiring dengan tren saat ini, produk UMKM kian eksis dan berkembang menjadi satu industri yang memiliki potensi besar. Kehadirannya telah berkontribusi dalam meningkatkan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

Sedangkan di Riau, Pertamina telah membina sekitar 2.860 UMKM melalui berbagai kegiatan pelatihan, pameran, promosi dan pendampingan sertifikasi.

Langkah pembinaan tersebut sebagai upaya Pertamina dalam mendorong UMKM naik kelas, sehingga mampu bersaing dan menembus pasar internasional. “Kami berharap para pelaku usaha dapat terus mengeksplorasi kreativitas dalam menghasilkan produk  dengan tetap memperhatikan potensi lokal yang ada,” kata Rudi.

Selain pameran produk UMKM, Pertamina SMEXPO di Pekanbaru menggelar ragam kegiatan menarik seperti Talkshow untuk peningkatan kapasitas pelaku UMKM mulai digital marketing, fotografi dan perencanaan bisnis dengan narasumber ahli, success story dari para pelaku usaha.

Ada juga kegiatan praktek membuat kerajinan ecoprint, coffee competition, lomba membaca berita, life shopping dan hiburan.

Menurut Rudi langkah ini sebagai upaya Pertamina untuk mendekatkan produk UMKM di tengah masyarakat. 

30 UMKM yang hadir merupakan binaan dari Rumah BUMN Pertamina di sekitar Riau, binaan Pertamina Hulu Rokan, PT Kilang Pertamina Internasional RU II Dumai, dan Patra Niaga Region Sumbagut. 

Rudi mengungkapkan, dalam konteks pembinaan UMKM, Pertamina menempatkan pendekatan terukur dan berkelanjutan. “Kami percaya bahwa investasi dalam pembinaan adalah investasi jangka panjang untuk menciptakan SDM unggul dan berkontribusi pada pembangunan ekonomi yang berkelanjutan,” jelasnya.

Selain itu, dalam upaya mendukung pembangunan berkelanjutan, Pertamina mendorong para pelaku UMKM semakin meningkatkan perhatian terhadap praktik produksi yang ramah lingkungan. 

Salah satunya memanfaatkan limbah produksi untuk menciptakan produk yang tidak hanya bernilai seni, tetapi juga berdaya jual dan berkualitas tinggi.

“Kami mengajak, mari bersama-sama menjadikan Pertamina SMEXPO 2023 sebagai bukti nyata untuk memajukan UMKM, menciptakan kolaborasi harmonis seluruh pihak sebagai bentuk dukungan kepada para pelaku UMKM dalam mengembangkan  ide-ide kreatif, untuk terus berinovasi sehingga produk UMKM semakin memantapkan langkahnya di kancah global,” tambahnya.

Kadis ESDM Riau Evarefita, SE, M.Si. mengatakan, Riau memiliki potensi besar dari berbagai sisi, termasuk potensi UMKM dan ekonomi kreatif yang terus tumbuh signifikan. Para pelaku usaha perlu mendapatkan dukungan berkelanjutan untuk mampu bersaing baik di dalam negeri maupun di pasar global. “Kami harapkan Pertamina SMEXPO 2023, dapat menjadi trigger bagi para UMKM untuk meningkatkan produktivitas dan keterampilan dalam proses produksinya, dan mampu meningkatkan kapabilitas sehingga dapat berkontribusi dengan optimal,” ujarnya.

Evarefita juga meyakini, Pertamina SMEXPO 2023 dapat menjadi tonggak kebangkitan produk UMKM di provinsi Riau agar melahirkan karya-karya kreatif berkualitas dan diterima di pasar nasional maupun internasional. “Semoga sinergi antara Pemerintah Provinsi Riau dan Pertamina terus berjalan kuat, memberikan manfaat nyata bagi para pelaku UMKM, dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” ujarnya.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER