Minggu, 28 April, 2024

Buka Masa Sidang, Puan Sampaikan DPR Akan Jadi Tuan Rumah MIKTA

MONITOR, Jakarta – Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan DPR RI akan menjadi tuan rumah dan memimpin pertemuan 5 (lima) ketua parlemen negara ekonomi berkembang, yang terdiri dari Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia atau MIKTA pada 20 November 2023 mendatang.

Hal itu disampaikan Puan dalam Pidato Rapat Paripurna DPR RI ke-8 Pembukaan Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024 di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (31/10/2023). “Pada masa persidangan ini, DPR RI akan mengagendakan serangkaian kegiatan diplomasi parlemen sebagai upaya meningkatkan hubungan kerja sama antar parlemen,” ujar Puan.

Penyelenggaraan MIKTA Speakers’ Consultation ke-9 akan dilaksanakan di Jakarta akan dengan mengusung tema “Memperkuat Multilateralisme dan Menjawab Berbagai Tantangan Antargenerasi”.

Sebagai informasi, MIKTA merupakan forum konsultasi dan kerja sama lima negara yakni Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki dan Australia. Kelima negara ini merupakan negara yang memiliki kekuatan menengah (middle power) yang juga anggota G20. Adapun, forum tersebut dibentuk pada tahun 2013 yang bertujuan untuk menjembatani kepentingan antara kelompok negara maju dan negara berkembang.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER