Kamis, 2 Mei, 2024

Jadi Warga Kehormatan Dayak, Pengamat Sebut Wakapolri Sosok yang Bernilai

MONITOR, Jakarta – Wakapolri, Komjen Pol Agus Andrianto, dinilai sebagai sosok yang memiliki nilai lebih di mata masyarakat Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Publik Indonesia Development Policy and Local Partnership (IDP-LP), Riko Noviantoro, saat menanggapi penganugerahan sebagai warga kehormatan Dayak kepada Wakapolri.

“Penghargaan merupakan hak individual ataupun kolektif untuk diberikan kepada siapa saja yang menurut pihak pemberi anugerah sebagai sosok bernilai,” ungkapnya kepada wartawan, Jakarta, Senin (11/9/2023).

Selain bagi diri pribadi Wakapolri, Riko menyampaikan, penghargaan tersebut juga harus diartikan sebagai penghargaan bagi institusi Polri.

- Advertisement -

“Penghargaan itu diberikan bagi individu, namun melekat pesan moral bagi institusi,” ujarnya.

Oleh karena itu, Riko mengatakan, Wakapolri harus bisa mewujudkan harapan masyarakat khususnya warga Dayak yang disematkan dalam penghargaan tersebut agar Polri bisa semakin lebih baik lagi ke depannya.

“Wakapolri sebagai penerima penghargaan sepatutnya menerima ini sebagai penghormatan sekaligus memecut kinerjanya. Khususnya terkait kinerja yang bersentuhan dengan masyarakat lokal,” katanya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER