Sabtu, 27 April, 2024

Pengamat: Seruan Wakapolri Agar Lapor Jika Ada Anggota Tak Netral di Pemilu 2024 Langkah Baik

MONITOR, Jakarta – Imbauan Wakapolri, Komjen Pol Agus Andrianto, yang meminta masyarakat melapor jika ada anggota Polri yang tak netral dinilai sebagai langkah yang baik.

Direktur Eksekutif Senopati Syndicate, Robi Sugara, mengungkapkan bahwa sikap Wakapolri itu menunjukkan bahwa Polri memang serius dalam hal netralitas, khususnya di Pemilu 2024 mendatang.

“Itu (imbauan Wakapolri) langkah yang sangat baik dilakukan oleh polri. Sebab seharusnya Polri netral dan hanya loyal pada kepentingan bangsa dan negara, tidak terlibat politik praktis dan upaya dukung mendukung partai tertentu dan dukung salah satu paslon sesuai dengan UU bahwa aparatur negara harus netral,” ungkapnya kepada wartawan, Jakarta, Kamis 30 November 2023.

Robi menyampaikan bahwa untuk lebih meyakinkan masyarakat, maka Polri bisa membuat semacam pedoman khusus bagi masyarakat yang ingin melapor jika menemukan ada oknum anggota Polri yang tidak netral.

- Advertisement -

“Segera membuat pedoman khusus untuk menangani dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh anggotanya soal tidak netral ini,” ujarnya.

Seperti diketahui, Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto meminta masyarakat melapor ke Propam jika menemukan anggota Polisi yang tak netral selama Pemilu 2024.

“Laporkan saja ke propam,” katanya saat mendatangi bakti sosial dan kesehatan di Institut Seni Indonesia (ISI), Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu 29 November 2023.

Menurut Agus, jika terdapat anggota Polisi yang tidak netral maka dapat diproses menggunakan Undang-Undang tentang Polri.

“(Akan diproses) sesuai dengan perundangan polisi yang ada,” ungkapnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER