Sabtu, 27 April, 2024

Status Pandemi Dicabut, PKS: Butuh Kesiapan Luar Biasa

MONITOR, Jakarta – Pemerintah telah mencabut status pandemi Covid-19 menjadi fase endemi. Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PKS, Netty Prasetiyani pun meminta pemerintah agar memperhatikan sejumlah catatan terkait pencabutan status pandemi Covid 19.

Menurut Netty, transisi dari pandemi ke endemi memerlukan kesiapan yang luar biasa agar prosesnya berjalan baik dan tidak menimbulkan ekses sampingan.

“Kemandirian alkes dan farmasi, termasuk dalam hal ini testing instrumen (PCR kits) dan peralatan di faskes, obat-obatan hingga ketersediaan vaksin penting disiapkan pemerintah seiring pencabutan status pandemi,” kata Netty dalam keterangan medianya, Kamis, (22/6/2023).

Lanjut Netty, pemerintah juga perlu memerhatikan kesiapan aspek sosial, ekonomi dan budaya.

- Advertisement -

“Pandemi telah membentuk kebiasaan waspada kesehatan dengan terbiasa memakai masker, cuci tangan dan tidak berkerumun. Pastikan kebiasaan ini tetap terjaga dan jangan dibuang,” ucapnya.

Ketua Bidang Kesejahteraan Sosial DPP PKS ini juga mengingatkan pemerintah agar memastikan kondisi ketahanan pangan nasional membaik agar keluarga dapat hidup sehat dengan asupan bergizi yang aman, mudah, dan murah.

“Dengan tingkat perekonomian keluarga yang baik, budaya kepatuhan dan perilaku hidup bersih dan sehat tinggi, maka negara kita dengan pendekatan community based Initiative/empowerment akan lebih siap menghadapi segala tantangan ke depan,” kata Netty.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER