Jumat, 29 Maret, 2024

Pastikan Pelayanan ke Pemudik, Menhub, Kapolri Tinjau Stasiun Pasar Senen

MONITOR, Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, serta PJ Gubernur DKI Heru Budi Hartono, meninjau situasi arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (19/04/2023) atau H-3 jelang Lebaran yang diprediksi menjadi salah satu hari puncak arus mudik.

Di hari pertama cuti bersama Idulfitri ini, tercatat sebanyak 23.900 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 32 KA yang beroperasi. Melihat lonjakan penumpang kereta api yang tinggi pada mudik lebaran tahun ini, Menhub meminta PT KAI dan semua pihak terkait berkolaborasi memberikan layanan terbaik.

“Bapak Presiden Joko Widodo telah memberi arahan kepada kami untuk betul-betul menjaga pelaksanaan arus mudik agar dapat berjalan aman dan berkesan, dengan melakukan pengecekan langsung ke lapangan,” kata Menhub.

Pada kesempatan yang sama, Kapolri mengatakan, kereta api menjadi salah satu pilihan moda transportasi favorit masyarakat yang melakukan perjalanan mudik.

- Advertisement -

“Karena tepat waktu, bersih, nyaman, dan aman. Di sini sudah disiagakan pos pengamanan terpadu, jika masyarakat ada keluhan bisa mengunjungi pos tersebut,” tuturnya.

Sejumlah upaya yang telah disiapkan untuk menjamin keselamatan, keamanan, serta kenyamanan penumpang kereta api, antara lain meningkatkan pengawasan gangguan operasional serta mengantisipasi gangguan sarana dan prasarana dengan menambah petugas, menempatkan Alat Material Untuk Siaga (AMUS), lokomotif, kereta pembangkit, juga crane pada titik tertentu.

Kemudian, dilakukan pula inspeksi bersama, posko terpadu, penambahan perjalanan, serta ramp check sarana dan prasarana.

Diprediksi penumpang kereta api pada masa mudik lebaran tahun ini mencapai 14,47 juta orang atau 11,69% dari total 123,8 juta pergerakan masyarakat di masa mudik lebaran. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang kereta api pada mudik lebaran tahun ini, telah disiapkan 605 kereta api antar kota per hari pada 145 stasiun.

Turut hadir pada peninjauan tersebut Kasum TNI Bambang Ismawan, Kakorlantas Polri Firman Santyabudi, Direktur Utama Jasa Raharja Rivan Purwantono, Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo, Direktur Keselamatan dan Keamanan KAI Sandry Pasambuna, serta Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER