Senin, 29 April, 2024

PKB: Pemilu Tertutup Menghidupkan Oligarki di Tubuh Parpol

MONITOR, Jakarta – Sistem pemilu proporsional tertutup dikritik politikus PKB, Yanuar Prihatin. Wakil Ketua Komisi II DPR Yanuar Prihatin menilai sistem tersebut berpotensi menutup kompetisi antar sesama kader dalam satu partai.

Berbeda dengan sistem pemilu proporsional terbuka, kata Yanuar, proporsional tertutup justru berpeluang menghidupkan oligarki dalam tubuh partai politik.

“Bagi partai politik yang punya tradisi komando yang kuat dan sedikit otoriter, sistem pemilu proposional tertutup ini lebih disukai,” ujar Yanuar dalam keterangan persnya, Rabu (4/1/2023).

Dikatakan dia, sistem proporsional tertutup itu juga dinilai akan menghidupkan oligarki di dalam partai di masa lalu itu. Sementara oligarki politik relatif mendapatkan hambatan untuk tumbuh melalui sistem proporsional terbuka.

- Advertisement -

“Tertutupnya kompetisi antara sesama kader. Juga melahirkan para politisi yang lebih mengakar ke atas daripada ke bawah,” tegasnya.

Ia pun khawatir, sistem proporsional tertutup juga dimanfaatkan oleh kader partai politik yang berjiwa oportunis, elitis dan tidak mampu berkomunikasi dengan publik. 

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER