PERDAGANGAN

Pemerintah Dorong Peningkatan Produk Kekayaan Intelektual Lokal

MONITOR, Jakarta – Kementerian Perdagangan mendorong peningkatan pemanfaatan produk-produk kekayaan intelektual lokal dalam pemasaran barang dan jasa. Upaya tersebut diwujudkan melalui Business Matching Produk Intellectual Properties Lokal dilanjutkan dengan seminar bertajuk ‘Kondisi dan Potensi Sektor Intellectual Properties Indonesia’. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Rabu-Kamis (21/22/12) secara hybrid.

“Berbagai produk kekayaan intelektual dapat dimanfaatkan sebagai strategi promosi produk-produk pelaku usaha maupun pemilik merek. Sebagai contoh, karakter atau tokoh kartun yang merupakan produk kekayaan intelektual dapat disertakan dalam proses penciptaan suatu produk. Produk akhirnya nanti akan memiliki nilai lebih berupa kedekatan emosional konsumen dengan karakter yang dimanfaatkan,” jelas Plt. Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Kasan, saat membuka business matching hari ini, Rabu (21/12/2022).

Menurut Kasan, potensi komersialisasi dari sebuah karakter kekayaan intelektual dapat meningkatkan nilai sebuah produk hingga tiga kali lipat.

“Selain itu, daya jual sebuah produk akan semakin terdiversifikasi karena sifat dari karakter kekayaan intelektual yang adaptif dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan produk maupun jasa,” ungkap Kasan.

Kasan mencatat, produk kekayaan intelektual lokal, yang merupakan bagian dari ekonomi digital di Indonesia saat ini menjadi salah satu tren baru dalam dunia bisnis kreatif. Terdapat banyak sekali karakter kekayaan intelektual lokal Indonesia yang menarik perhatian masyarakat seperti Gundala, Sri Asih, komik Si Juki, dan lain sebagainya.

“Industri kekayaan intelektual lokal Indonesia yang memiliki potensi cukup besar ini dapat terus digarap untuk mendapatkan pasar, baik di dalam negeri maupun di luar negeri,” ungkap Kasan.

Sejumlah upaya telah dilakukan Kemendag untuk mendorong pemanfaatan kekayaan intelektual, terutama di bidang gim. Misalnya, memfasilitasi 13 pelaku usaha gim Indonesia untuk mengikuti Gamescom 2022 pada Agustus 2022 di Cologne, Jerman. Kemendag juga memfasilitasi 10 pengembang gim lokal Indonesia untuk berpartisipasi dalam misi dagang ke Jepang pada September 2022.

Misi dagang ke Jepang meliputi keikutsertaan dalam forum bisnis dan one-on-one business matching dengan komunitas dan pegiat industri gim Jepang, serta partisipasi dalam Tokyo Game Show 2022. Seminar Kekayaan Intelektual di Indonesia Kegiatan dilanjutkan dengan seminar kondisi kekayaan intelektual di Indonesia.

Recent Posts

Seleksi Administrasi Beasiswa Zakat Indonesia Resmi diumumkan, Cek di Akunmu ya!

MONITOR, Jakarta - Kementerian Agama bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan sejumlah Lembaga…

6 jam yang lalu

Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi Magister PAI, UID Komitmen Jaga Mutu dan Kualitas Perguruan Tinggi

MONITOR, Depok - Universitas Islam Depok (UID) kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga mutu dan kualitas…

7 jam yang lalu

Soal Kerja Sama AS, Puan Ingatkan Pemerintah Lindungi Data Pribadi WNI

MONITOR, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani merespons pernyataan Gedung Putih terkait kerja sama…

8 jam yang lalu

Atasi Kemacetan, Pemkot Tangsel Bakal Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas di Rawa Buntu

MONITOR, Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) mulai memetakan…

8 jam yang lalu

Dharma Wanita Kemenperin Resmikan Taman Asuh Anak ‘Gempita’

MONITOR, Jakarta - Bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional 2025, Kementerian Perindustrian bersama Dharma Wanita…

9 jam yang lalu

Peringati Hari Anak Nasional, Dirut Jasa Marga Sampaikan Komitmen dan Dedikasi bagi Pendidikan Inklusif

MONITOR, Jakarta - Dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional pada 23 Juli 2025, Direktur Utama…

10 jam yang lalu