Rabu, 10 Agustus, 2022

Vaksin Merah Putih Akan Diluncurkan, PKS: Kado Dirgahayu RI ke-77

MONITOR, Jakarta – Kalangan anggota dewan menyambut baik rencana peluncuran Vaksin Merah Putih dan Vaksin Covid-19 yang diproduksi oleh BUMN Bio Farma pada Agustus nanti. Saat ini, vaksin tersebut sudah memasuki uji klinis tahap 3 sebelum nantinya dapat digunakan oleh masyarakat secara luas.

Anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati berharap, peluncuran vaksin karya anak bangsa ini akan jadi kado terbaik perayaan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77.

“Kita tentu berharap vaksin karya anak bangsa benar-benar bisa menjadi kado Dirgahayu 77 Kemerdekaan Republik Indonesia pada Agustus ini. Sehingga kita semua bisa merasakan kebanggaan, produk asli nasional bisa membantu penanggulangan pandemi Covid-19,” ucap Mufida dalam keterangan persnya, Kamis (4/8/2022).

Legislator dari Fraksi PKS ini menjelaskan, uji klinis fase 3 untuk Vaksin Merah Putih sendiri telah dimulai pada 27 Juni 2022 sedangkan vaksin pencegahan Covid-19 yang diproduksi oleh Bio Farma telah terlebih dahulu melakukan uji klinis fase 3 sejak awal Juni 2022 lalu.

- Advertisement -

Selain hasil uji klinis dengan efikasi vaksin, dua vaksin tersebut juga masih harus mendapatkan Izin Edar Dalam Keadaan Darurat (EUA) dan status halal dari MUI. Mufida pun optimistis vaksin karya anak bangsa dapat digunakan pada momentum perayaan 17 Agustus di Tanah Air.

“Ya, kita sangat berharap vaksin karya anak bangsa ini sudah siap digunakan seperti semangat Hari Kemerdekaan tahun ini. Lewat vaksin karya anak bangsa dan terjamin kehalalannya saya yakin antusiasme publik untuk booster bisa tinggi,” imbuhnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER