Senin, 8 Agustus, 2022

Cegah Permainan Harga TBS, Luhut: Pabrik Sawit akan Dibuka

MONITOR, Jakarta – Banyak petani mengeluhkan rendahnya nilai jual harga tandan buah segara (TBS) sawit di kalangan mereka. Keluhan itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, ketika menghadiri Munas perdana Asosiasi Kabupaten Penghasil Sawit Indonesia (AKPSI), Minggu (17/7/2022).

Luhut pun menjawab, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, maka pemerintah akan terus membuka keran ekspor supaya harga TBS dapat kembali naik secara perlahan. Sebab dikatakan dia, sawit merupakan sumber devisa strategis bangsa, sehingga harus diperbaiki tata kelolanya.

“Saya agak sedikit teringat masa-masa ketika minyak goreng langka di pasaran, buah dari tata kelola sawit nasional yang bermasalah. Kita tentu tidak ingin hal tersebut terulang kembali,” ujar Luhut dalam keterangannya, Senin (18/7/2022).

Dalam forum AKPSI, Luhut pun meminta komitmen dari seluruh Bupati dan Kepala Desa agar tidak mencoba bermain-main setelah audit dilaksanakan.

- Advertisement -

Kedepan, kata Luhut, pemerintah juga berkewajiban membuka Pabrik Kelapa Sawit bila ada daerah yang memiliki lahan seluas 7500 hektare. Hal ini dilakukan agar tidak ada permainan harga TBS di tingkat petani.

“Seluruh upaya ini tidak akan membuahkan hasil jika tidak ada kekompakan dan sinergitas antara seluruh stakeholders. Karenanya, saya menghimbau kepada seluruh peserta yang hadir hari ini untuk memberikan dukungan penuh pada kebijakan pemerintah,” ucap Luhut.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER