Senin, 8 Agustus, 2022

Program Desa Mandiri Energi Kilang Cilacap Raih The Best CSR Community Development

MONITOR, Jakarta – PT Kilang Pertamina Internasional berhasil melakukan pengelolaan program CSR secara efektif, terukur, serta  memberi dampak bagi masyarakat dan pengembangan bisnis, mendorong partisipasi, menghasilkan pembelajaran bagi semua pemangku kepentingan, serta memiliki program yang inklusif dan berkelanjutan sejalan dengan Sustainability Develompment Goals (SDGs).

Salah satu program CSR unggulan dari PT KPI adalah program Desa Mandiri Energi, yang dibina Kilang Cilacap. Program Desa Mandiri Energi di Kampung Bondan, Desa Ujung Alang, yang telah memberikan manfaat besar bagi masyarakat desa terpencil dalam mendapatkan akses listrik dengan Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH). 

PLTH berkapasitas 16.200 WP (Watt Peak), telah memberikan penerangan listrik bagi 78 kepala keluarga. Selain untuk penerangan, PLTH juga dimanfaatkan untuk mengoperasikan alat desalinasi air payau menjadi air tawar, yang dapat memenuhi kebutuhan air bersih warga dan sejumlah rumah produksi UMKM di pesisir. Optimalisasi PLTH mampu membuat warga satu desa tertinggal ini melakukan penghematan rata-rata per KK per bulan sebesar 76% dari pengeluaran pembelian air bersih yang selama ini dilakukan.

Selain itu Kilang Cilacap juga melaksanakan program Konservasi Mangrove di Desa Ujung Alang,  yang kini menjadi lokasi penelitian  dan memiliki 10 bibit mangrove tersertifikasi. Penerapan program yang berjalan secara berkelanjutan dan mendukung SDG’s, mengantarkan program tersebut meraih penghargaan terbaik The Best Community Development dan Platinum Champion in Corporate Social Responsibility dalam ajang Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Award (BISRA) 2022. 

Dalam ajang tersebut PT KPI meraih The Best Community Development/Empowerment Program Kategori BUMN, dan 3 penghargaan lainnya dengan tingkat Platinum, Gold dan Silver Champion in Corporate Social Responsibility Program, dalam ajang Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Award (BISRA) 2022. 

- Advertisement -

Penghargaan Gold Champion in Corporate Social Responsibility diraih program Klayas Mandiri yang merupakan program terintegrasi dari beberapa bidang  yakni pengelolaan air bersih, kesehatan ibu dan balita, pendidikan dasar dan kemandirian, binaan Kilang Kasim.

Untuk penghargaan Silver Champion in Corporate Social Responsibility diberikan untuk program pemberdayaan masyarakat nelayan Desa Tanjung Palas atau dikenal Kampung Minapolitan. Program ini mendorong kelembagaan ekonomi berbasis perikanan, pembentukan koperasi, serta pengembangan produk turunan hasil laut, yang dibina oleh Kilang Dumai.

Pjs. Corporate Secretary PT KPI Milla Suciyani menyatakan, apresiasi ini telah mendorong PT KPI konsisten menerapkan program tanggung jawab sosial masyarakat secara berkelanjutan dan sejalan dengan SDGs dan mendukung pencapaian ESG perusahaan. “Salah satu program Desa Mandiri Energi, merupakan bagian dari dukungan pencapaian ESG yakni keterlibatan perusahaan dalam memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar, melalui peningkatan akses energi berbasis masyarakat,”jelasnya.

Sesuai dengan temanya Social Responsibility to Accelerate Stronger Recovery, Dewan Juri BISRA melihat komitmen perusahaan dalam pelaksanaan program TJSL yakni dari aspek pemberdayaan masyarakat, manajemen kebencanaan, sosial dan kerelawanan, jelas Milla.

Dewan juri yang melibatkan Redaksi Harian Bisnis Indonesia, Bappenas dan Humanity Indonesia menggarisbawahi penilaian yang diberikan kepada beberapa program TJSL tersebut telah menunjukkan kontribusi nyata perusahaan kepada masyarakat rentan pada masa pandemi Covid-19, mendukung program pemerintah melalui pencapaian SDGs, menginspirasi dan mempromosikan Good CSR sebagai Good Business kepada komunitas bisnis untuk membantu pemerintah mencapai Indonesia sejahtera

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER