Kamis, 18 Agustus, 2022

Peneliti Dorong Elit Politik Bersatu Akhiri Polarisasi

MONITOR, Jakarta – Peneliti Litbang Kompas Gianie menilai, kekhawatiran terjadinya polarisasi dan politik identitas akan berlanjut pada pada 2024 sangat mungkin terjadi. 

Hal ini sesuai dengan hasil penelitian Litbang Kompas satu bulan lalu, dimana gejalanya mulai menunjukkan peningkatan eskalasi.

“Sehingga perlu ada gerakan bersama bersama, baik masyarakat, pemerintah, partai politik dan dari media juga sebagai pilar keempat demokrasi untuk bersama-sama untuk meningkatkan literasi, mengakhiri pembelahan saat ini,” kata Gianie dalam diskusi yang digelar Partai Gelora, Rabu (29/6/2022).

Gianie berharap semua pihak saat ini bisa menyuguhkan narasi yang mempersatukan, meningkatkan keakraban dan merangkul semua pihak dengan program-program yang mereka buat.  

- Advertisement -

“Tokoh-tokohnya harus mempersatukan atau meningkatkan keakraban sekarang. Sementara program-program yang dibuat harus merangkul semua kalangan, bukan hanya untuk pendukungnya saja. Dan Media juga harus memberitakan hal-hal yang benar, bukan sebaliknya,” pungkas Gianie.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER