Jumat, 1 Juli, 2022

Muncul Varian Baru Covid-19 Omicron, Menkes: Tetap Waspada!

MONITOR, Jakarta – Masyarakat Tanah Air khawatir atas munculnya kasus Covid-19 subvarian baru yakni Omicron BA.4 dan BA.5 di tanah air. Pemerintah pun mengimbau masyarakat untuk tetap mewaspadai potensi penyebaran virus tersebut, meski situasi pandemi sudah terkendali.

“Bapak Presiden juga memberikan arahan ke kami bahwa lebih baik kita waspada, lebih baik kita berhati-hati. Karena kewaspadaan kita, konservatifnya kita, kehati-hatian kita, sudah memberikan hasil bahwa kondisi penanganan pandemi di Indonesia,” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers, Senin (13/5/2022).

Terkait subvarian baru ini, Budi menyampaikan bahwa varian BA.4 dan BA.5 memicu kenaikan kasus di sejumlah negara. Namun, varian tersebut memiliki tingkat kenaikan kasus, hospitalisasi, maupun kematian yang jauh lebih rendah dibandingkan awal munculnya varian Omicron

“Jasil pengamatan kami bahwa puncak dari penularan varian BA.4 dan BA.5 ini sekitar sepertiga dari puncak Delta dan Omicron, kasus hospitalisasinya juga sepertiga dari kasus hospitalisasi Delta dan Omicron, sedangkan kasus kematiannya sepersepuluh dari kasus kematian di Delta dan Omicron,” terangnya.

- Advertisement -

Meski situasi pandemi terkendali, pemerintah terus mengantisipasi lonjakan kasus. Upaya yang dilakukan di antaranya dengan mengakselerasi vaksinasi booster dan meminta masyarakat untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER