Senin, 4 Juli, 2022

Dasco Minta Kaji Matang Penggunaan Kotak Suara Kardus di Pemilu

MONITOR, Jakarta – Wacana penggunaan kotak suara Pemilu dari bahan kardus menuai tanggapan dari Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. Ketua Harian DPP Partai Gerinda ini lantas meminta agar Komisi II DPR RI mengkaji betul wacana tersebut.

Dijelaskan Dasco, kotak kardus berbahan kardus akan mudah rusak terlebih di waktu musim hujan.

“Kami akan meminta komisi teknis dalam hal ini Komisi II untuk mengkaji,” ujar Dasco dalam keterangan persnya di Jakarta, belum lama ini.

Dasco pun mempertanyakan sisi ketahanan bahan kardus sebagai kotak suara di Pemilu nanti. Menurutnyaa, apabila hasil pengkajian dapat memastikan keamanan kertas suara, ia pun mempersilakan kotak kardus tetap dipakai.

- Advertisement -

“Apabila kemudian bahan karton (kardus) tersebut dirasakan aman saya pikir silahkan saja, tapi perlu kita kaji,” tandas Dasco.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari memastikan pihaknya masih menggunakan suara kardus di Pemilu 2024. Dia menilai penggunaan kotak kardus lebih efisien dibanding yang berbahan alumunium.

“Masih digunakan, saya pastikan masih digunakan. Cara berpikirnya begini, kalau yang alumunium, itu hitungannya aset negara,” katanya kepada media, Rabu (18/5/2022).

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER