Sabtu, 20 April, 2024

Kasus Hepatitis Khawatir Menyebar saat PTM, Hetifah: Jangan Panik!

MONITOR, Jakarta – Indonesia menjadi salah satu negara yang terjangkit wabah virus Hepatitis akut. Pasalnya, berdasarkan data hingga 9 Mei 2022, Indonesia tercatat memiliki 15 kasus hepatitis akut dengan mayoritas korban adalah anak usia 1-6 tahun. Penyakit ini telah menyebar ke 5 provinsi di Indonesia dan memakan 5 korban jiwa. 

Di sisi lain, Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sudah mendesak dilakukan guna mengejar ketertinggalan learning loss selama Covid-19. Menanggapi hal ini, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian menyatakan dirinya paham jika orangtua siswa akan khawatir terkait penyebaran virus ini.

“Tentu hal ini menjadi kekhawatiran bagi kita semua, apalagi orang tua yang anaknya mulai masuk sekolah. Aspek kehati-hatian harus ditingkatkan, namun tidak perlu panik. Sejauh ini, diketahui bahwa secara umum penularan hepatitis melalui oral bukan udara seperti Covid-19,” ujar Hetifah dalam keterangan persnya.

“Penularan hepatitis diduga melalui tangan, air, makanan, hingga alat makan. Sehingga, PTM masih dapat dilaksanakan selama kebersihan makan dan minum anak terjaga,” sambungnya.

- Advertisement -

Politikus Golkar ini lantas mendesak agar Kemendikbudristek melakukan langkah penanggulangan dengan mengeluarkan surat edaran.

“Kemenkes telah mengeluarkan surat edaran, namun untuk khalayak umum. Oleh karena itu, saya mendesak Kemendikbudristek agar turut mengeluarkan surat edaran langkah pencegahan virus hepatitis khususnya di lingkungan sekolah. Misalnya, sementara waktu, kantin wajib tutup, pelajar wajib bawa bekal, protokol kesehatan seperti cuci tangan dan memakai masker juga harus tetap dilaksanakan di lingkungan sekolah,” terangnya.

Selain itu, Hetifah juga berharap vaksinasi hepatitis terus digalakkan agar tercipta kekebalan jangka panjang.

“Walau vaksin hepatitis telah diwajibkan bagi bayi Indonesia, cakupannya belum maksimal. Saya berharap pemerintah menggalakkan vaksin ini lebih massif,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER