Sabtu, Mei 28, 2022

Rayakan Harlah ke-72, Fatayat Lebak Gelar Lomba Fashion Show Bertemakan Batik Baduy

MONITOR, Lebak – PC Fatayat NU Kabupaten Lebak Banten Minggu, 24 April 2022 kemarin merayakan Harlah ke-72 bertempat di Gedung PC Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Lebak. Ada banyak kegiatan yang dilakukan dalam memeriahkan Harlah tersebut, salah satunya yaitu lomba Fashion Show dengan tema batik fatayar dan batik khas suku Baduy.

Ketua PC Fatayat NU Lebak, Wilda Tusururoh, mengatakan perayaan harlah tahun ini secara kebetulan bertepatan dengan bulan suci Ramadan 1443 H, untuk itu selain mengadakan selamatan/tasyakuran tahaddus binni’mah, Fatayat juga sebagai bentuk responsif terhadap usul para kader akhirnya menggelar berbagai jenis perlombaan sebagai ajang kontestasi dan kompetisi secara sportif.

“Perkembangan organisasi Fatayat sebagai salah satu badan otonom NU di Kabupaten Lebak ini sudah semakin meluas hingga PAC dan Ranting. Banyak sekali metode dan cara menarik minat para perempuan muda NU untuk ikut Fatayat. Salah satunya dengan gelar perlombaan agar melatih mereka untuk sportif dan berkontestasi secara sportif dalam menampilkan prestasi dan berlomba-lomba dalam kebaikan,” kata Wilda Tsururoh. 

“Lomba Fashion Show, kami mengangkat tema “budaya Baduy” agar salah satu kerajinan batiknya bisa go nasional dan menarik minat para wisatawan baik domestik maupun asing,“ tambah Wilda. 

- Advertisement -

Selain itu, yang menarik juga ada lomba bedah PD PRT Fatayat. Selama ini para kader Fatayat kurang begitu menguasai aturan organisasi, sehingga tidak mampu memahami tata kelola dan mekanisme berorganisasi di Fatayat. Aturan organisasi yang dibuat untuk dipatuhi justru faktanya seringkali dilanggar oleh para kadernya sendiri, terang salah satu Pengurus PP Fatayat NU ini. 

Peserta lomba Harlah Fatayat ke 72 diikuti oleh kader-kader di tingkat PAC dan Ranting. Jawara Lomba Padus Mars Fatayat dan Fashion Show diraih oleh PAC Fatayat Kecamatan Cipanas. Sedang lomba sajian menu takjil dan kultum ramadan dimenangkan oleh PAC Kecamatan Cimarga. Kemudian peraih juara 1 Bedah PD PRT Fatayat NU diraih oleh PAC Kecamatan Rangkasbitung. 

Rangkaian Harlah ditutup dengan gelar doa selamatan/tasyakuran yang dipimpin oleh KH Mas’ud Mustasyar PCNU Lebak bersama Ketua Tanfidziyah PCNU Lebak, Kyai Aep Syaefuddin Asy-Syadzili.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER