Sabtu, 21 Mei, 2022

Fadli Zon Dorong Indonesia Berperan Atasi Konflik Myanmar

MONITOR, Jakarta – Persoalan konflik di Myanmar yang berlarut-larut mendapatkan sorotan dari Ketua BKSAP DPR RI, Fadli Zon. Ia mengingatkan semua pihak memiliki peran penting termasuk Indonesia.

“Kita menerima Head of Mission, Kedutaan Inggris untuk Myanmar yang kebetulan datang ke Jakarta. Mereka melihat bahwa DPR RI, dalam hal ini BKSAP sangat concern dengan isu Myanmar. Dan termasuk yang cukup aktif dalam melakukan engagement dalam persoalan Myanmar sejak isu tentang Pengungsi Rohingya yang sekarang jumlahnya sudah satu juta lebih,” ujar Fadli Zon dalam keterangannya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (21/4/2022).

Lebih tegas, Fadli Zon mengingatkan bahwa Indonesia merupakan negara paling awal menyatakan kecaman dan mengutuk kudeta tersebut, bahkan sejak kudeta militer tahun lalu terjadi di Myanmar.

Untuk itulah, ia menyaatakan BKSAP sangat konsen membahas sejumlah langkah-langkah yang akan diambil setelah satu tahun lalu delegasi ASEAN dan Pimpinan Junta Militer Myanmar datang ke konferensi di Jakarta dan melahirkan 5 poin konsensus.

- Advertisement -

“Dari 5 poin konsensus itu kita belum lihat sekarang ini langkah-langkah nyata dari junta militer sendiri, kewajiban-kewajiban yang disepakati dalam 5 poin konsensus tersebut. Sehingga kita melihat presidensi atau keketuaan Indonesia di ASEAN nanti itu menjadi sangat lebih penting lagi, untuk mengangkat isu ini mengirim special envoy, sehingga ada kemajuan di dalam penyelesaian kasus di Myamar,” pungkas Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER