Jumat, 19 April, 2024

Ini Jurus Sandiaga Uno Serap Tenaga Kerja di G20 Nanti

MONITOR, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, memiliki rencana untuk meluncurkan side events pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai dukungan pelaksanaan kegiatan Presidensi G20 di Indonesia.

Diharapkan dengan adanya side events G20 ini dapat memberikan dampak yang uas bagi masyarakat. Karena dalam pelaksanaannya, akan melibatkan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air.

“Kami siap berperan dan berkontribusi aktif melalui berbagai event yang mendukung penyelenggaraan G20. G20 akan lebih terasa dampaknya kepada masyarakat pariwisata dan ekonomi kreatif kalau kita perbanyak side-side event dan pengelolaanya,” kata Sandiaga.

Sandiaga berkata launching side events pariwisata dan ekonomi kreatif di G20 Indonesia tahun 2022 rencananya akan dilangsungkan di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta. Ada dua kategori side event yang nanti diluncurkan, yakni side event substantif dan side event non substantif.

- Advertisement -

Side event substantif merupakan program-program yang sejalan dan terkait dengan isu-isu Tourism Working Group of G20 Presidency Indonesia. Sedangkan Non Substantif bertujuan mempromosikan destinasi pariwisata yang ada di Indonesia.

Side event substantif di antaranya “Asian Venture Philanthropy Network (AVPN) Conference 2022” dengan tema “Catalysing Action Towards The Asian Decade”. Nantinya, “AVPN Conference 2022” akan digelar selama 4 hari pada tanggal 21 – 24 Juni, di Bali International Convention Center (BICC).

“Ini adalah pertemuan para investor Asia dan penyedia sumber daya di seluruh dunia. Event substantif ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan, membangun kemitraan strategis, dan mengatasi tantangan sosial-ekonomi dalam skala besar,” jelas Sandiaga.

Side event yang kedua adalah “International Wellness Tourism Conference & Festival (IWTCF)” dengan tema “A Sustainability Strategy For The World Tourism Recovery And Growth Through Wellness Tourism For All”.

Event yang berlangsung pada 5-7 Agustus di Solo/Surakarta, Jawa Tengah, ini akan menampilkan dan mempromosikan destinasi dan produk wisata Wellness Indonesia.

Side event yang ketiga adalah “World Conference On Creative Economy (WCCE)” dengan tema “Inclusively Creative: A Global Recovery”. Ini adalah forum kolaborasi antarnegara guna peningkatan kesadaran atas pentingnya strategi industri ekonomi kreatif.

Konferensi ini akan berlangsung pada tanggal 5-7 Oktober di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) dalam bentuk hybrid meeting dengan format expo dan inspirator session, temu sahabat ekonomi kreatif, pertemuan tingkat menteri, dan gala dinner.

Sedangkan untuk side event nonsubstantif, Kemenparekraf menawarkan paket wisata (excursion & pre/post tour) untuk delegasi Presidensi G20 Indonesia.

“Rangkaian program side event dan road to dari Kemenparekraf pada Presidensi G20 Indonesia tahun 2022 adalah upaya meningkatkan jumlah delegasi dan peserta untuk hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan main event maupun side events,” kata Sandiaga.

Sandiaga berharap adanya side event Presidensi G20 menjadi momentum kebangkitan ekonomi, menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya. Dalam kesempatan itu, Kemenparekraf juga akan memperkenalkan beberapa event lain seperti Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI), Kharisma Event Nusantara (KEN), dan lainnya yang juga menjadi bagian dari upaya mendukung G20 Indonesia 2022.

“Saya berharap seluruh pemangku kepentingan dapat saling bahu membahu menyukseskan pelaksanaan side events dan Road to G20 Presidency Indonesia,” ujarnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER