Jumat, 29 Maret, 2024

Maksimalkan Pengawasan WNA, Imigrasi Depok Gelar Rakor Tim Pora

MONITOR, Depok – Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Depok menggelar rapat koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) tingkat kota di Hotel Bumi Wiyata, Margonda Depok, Rabu (23/3/2022).

Kegiatan dihadiri oleh APH dan instansi vertikal kota Depok yang memiliki tugas dan fungsi berkaitan dengan pengawasan orang asing di wilayah Depok.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Depok, Fahrul Novry Azman mengatakan, rapat Tim Pora kali ini mengangkat tema ‘Sinergitas dan Kolaborasi Tim Pora dalam rangka optimalisasi Pengawasan Orang Asing di Kota Depok’ dengan harapan dapat membangun sinergitas antar instansi pemerintah di Kota Depok.

“Selain itu rapat Tim Pora ini juga dapat dijadikan sebagai wadah untuk saling bertukar informasi, guna memudahkan melakukan pengawasan terhadap keberadaan dan tingkah laku orang asing di kota Depok,” katanya.

- Advertisement -

Sementara itu, Kepala Divisi Keimigrasian Jawa Barat, Heru Tjondro, yang juga hadir sebagai narasumber pada kegiatan tersebut menyampaikan, ada sejumlah inovasi yang dilakukan dalam melakukan pengawasan terhadap orang asing yang akan masuk ke Indonesia.

Salah satunya, dengan penggunaan e-Arrival Card. Program ini mengharuskan orang asing yang akan masuk ke Indonesia untuk mengisi identitasnya serta maksud dan tujuannya datang ke Indonesia melalui aplikasi tersebut.

Pelaksanaan inovasi tersebut, lanjutvdia, saat ini baru sebatas orang asing yang berasal dari Luar Negeri secara langsung masuk ke wilayah Jawa Barat.

“Harapannya aplikasi ini dapat memudahkan petugas di lapangan melakukan pengawasan terkait aktivitas serta keberadaan orang asing di Indonesia khususnya Jawa Barat untuk saat ini,” ungkapnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER