Rabu, 19 Juni, 2024

Wisatawan Kepulauan Seribu Ngeluh, Marak Pungli di Pelabuhan Kali Adem

MONITOR, Jakarta – Marakya pungutan liar (pungli) parkir di kawasan Pelabuhan Kali Adem, Penjaringan, Jakarta Utara, banyak dikeluhkan para wisatawan yang akan menghabiskan waktu liburannya di Kepulauan Seribu.

Para wisatawan ini mengaku, dipungut biaya parkir hingga mencapai ratusan ribu rupiah saat memarkirkan kendaraan roda empatnya di kawasan Pelabuhan Kali Adem.

Adalah Rosyid (41), salah satu wisatawan asal Jakarta Timur yang mengeluh ketika harus membayar uang parkir Rp 100 ribu kepada oknum petugas parkir di Pelabuhan Kali Adem.

“Saya kaget juga ya diminta uang parkir Rp 100 ribu. Katanya anggaran tersebut untuk kendaraan yang menginap,” keluhnya ke awak media, Minggu (19/3/2022).

- Advertisement -

Anehnya kata Rosyid, orang yang mengaku juru parkir di Kawasan Pelabuhan Kali Adem tersebut tidak memberikan bukti karcis. “Jadi mereka itu tidak memberikan bukti karcis. Saya menduga, mereka itu adalah oknum yang memungut biaya parkir,” ujarnya.

Tak hanya Rosyid, adanya pungli parkir yang mencekik tersebut juga dikeluhkan Santi (29), warga Ancol. Menurutnya, biaya parkir yang dimintai itu sebagai pungli, mengingat pengelola tidak melakukan pemungutan untuk parkir.

“Saya sempat minta karcis parkirnya sebagai tanda retribusi, tapi petugas yang mintainya bilang tidak mengeluarkan,” ujarnya.

Ibu dua anak ini pun berdalih tak ingin berdebat dan jadi perhatian orang, hingga memilih untuk membayarnya Rp100 ribu. “Saya berharap aparat berwenang untuk melakukan penertiban, karena ini sudah bikin tidak nyaman wisatawan,” pungkasnya.

Sementara itu, pantauan di lapangan, ternyata pungli tak hanya menyasar wisatawan Kepulauan Seribu yang menitipkan kendaraannya. Namun juga, pengendara yang mengantarkan barang atau orang.

Diketahui, Pelabuhan Kali Adem merupakan salah satu tempat penyebrangan wisatawan maupun masyarakat yang akan berkunjung ke sejumlah pulau di Kepulauan Seribu.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER