Jumat, 26 April, 2024

Bus Transjakarta Lindas Pemotor, DPRD DKI: Pengawasan Operator Lemah

MONITOR, Jakarta – Insiden kecelakaan kembali menimpa Bus Transjakarta. Bus milik BUMD DKI Jakarta ini, melindas pengendara motor di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (13/3/2022). Akibat insiden ini si pengendara motor yang berjenis kelamin perempuan tersebut harus meregang nyawa.

Mendengar insiden ini, anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Nur Afni Sajim angkat bicara. Menurut politisi Partai Demokrat ini, apabila melihat dari rangkaian insiden kecelakaan yang kerap dialami oleh Bus Transjakarta, menjadi bukti nyata kalau pengawasan Transjakarta kepada operator bus sangatlah lemah.

“Ini tidak boleh dibiarkan, jangan setiap insiden kecelakaan dianggap biasa. PihakTransjakarta harus berani memberi sanksi tegas kepada operator untuk memberikan efek jera. Sehinga insiden kecelakaan terjadi tidak berulang-ulang,” ujar Afni dalam keterangan kepada MONITOR, Minggu (13/3).

Afni juga mengingatkan, kalau Bus Transjakata adalah milik BUMD (pemerintah), sehingga sekecil apapapun insiden yang terjadi dengan Bus Transjakarta akan menjadi beban bagi Pemprov DKI.

- Advertisement -

“Apalagi ini berkaitan dengan nyawa manusia bukan binatang. Jadi seharusnya ada kehati-hatian yang tinggi ketika sopir mengemudikan bus,” terangnya.

Diketahui, seorang pemotor perempuan berinisial M tewas setelah terlindas Bus Transjakartdi Jalan MH Thamrin, Jakpus. M diduga kehilangan kendali saat mengemudi motornya hingga akhirnya terlindas roda bus TransJakarta.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Jamal Alam menerangkan kecelakaan itu terjadi tadi pagi pukul 06.10 WIB. Mulanya, M melintas dari arah utara menuju selatan di Jalan MH Thamrin.

“Kecelakaan di Jalan MH Thamrin arah ke selatan tepat di depan gedung Sinar Mas Land wilayah Jakarta Pusat,” katanya.

Setelah itu, M diduga kehilangan kendali lalu terjatuh. Tubuh M pun masuk ke kolong bus dan terlindas. Akibatnya, M meninggal di lokasi kejadian.

“Saat terjatuh, melintas Bus Transjakarta NRKB B-7187-UGA dikemudikan saudara S berjalan di sebelah kanannya. Korban Saudari M jatuh ke kanan hingga tubuhnya masuk ke kolong bus dan terlindas roda kiri belakang dan meninggal dunia di TKP,” papar Jamal.

Jenazah M pun kini telah dibawa ke RSCM Jakarta Pusat untuk divisum. Jamal mengatakan pihaknya kini sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait kecelakaan tersebut

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER