Sabtu, 27 April, 2024

Tekan Polusi, PKS Usul ASN dan Pejabat DKI Beralih ke Transportasi Umum

MONITOR, Jakarta – Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PKS Muhammad Taufik Zoelkifli menilai kebijakan yang diambil Pemprov DKI Jakarta untuk menurunkan polusi udara dengan kebijakan work from home (WFH) bagi 50 persen ASN tidak akan efektif.

Menurut Anggota Komisi B tersebut, yang paling efektif dalam menekan polusi udara di Jakarta bukanlah kebijakan WFH atau berpindah ke kendaraan listrik, melainkan dengan beralih ke transportasi umum.

Hal tersebut karena jumlah ASN Pemprov DKI Jakarta yang WFH tidak seberapa dibanding warga yang bermobilitas di Jakarta setiap harinya sehingga dampaknya tidak terlalu signifikan.

“Karena jumlah ASN DKI berapa sih, saya lihat cuma 80 ribuan, tidak akan efektif untuk menghilangkan tingkat polusi di DKI,” kata Taufik, dalam kererangan resminya, Kamis (24/8/2023).

- Advertisement -

“Yang duluan aja ASN DKI dulu wajib beralih ke transportasi umum, baik yang rendahan maupun pejabat semua wajib naik transportasi umum maka akan terpacu semakin baik dan tingkat polusi udara akan menurun,” sambungnya.

Ia menilai, kebijakan WFH yang diambil Pemprov DKI justru dapat menurunkan kinerja para ASN dibanding menurunkan tingkat polusi udara.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER