Kamis, 11 Agustus, 2022

Ma’ruf Amin Optimis Ekonomi RI Bisa Bangkit Setelah Pandemi

MONITOR, Jakarta – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menegaskan bangsa Indonesia bisa bangkit setelah terpuruk akibat pandemi. Keyakinan ini, dikatakan Ma’ruf Amin, tentu berdasarkan pengalaman yang dimiliki bangsa Indonesia setelah ditempa berbagai krisis.

Dijelaskan Ma’ruf, ada beberapa alasan ekonomi Indonesia bisa bangkit dan kuat. Pertama, sumber daya manusia, terutama generasi Z yang memiliki kreativitas tinggi dalam berkarya. Kedua, dunia usaha Indonesia, terutama UMKM yang telah teruji menjadi landasan bertahan saat krisis.

“UMKM berpotensi kian membesar tidak saja secara jumlah pelaku, melainkan jenis usaha dan modal,” kata Ma’ruf Amin dalam acara Forum Ekonomi Merdeka 2022, Senin (28/2/2022).

Selanjutnya ketiga, yakni kepercayaan dunia internasional terhadap Indonesia sebagai aset yang tak ternilai. Kepercayaan adalah sesuatu yang dihasilkan, bukan diberikan cuma-cuma. Semua antara lain karena keberhasilan Indonesia dalam mengendalikan pandemi. Keempat, ekonomi syariah yang terus didorong oleh pemerintah terus menunjukkan tren meningkat.

- Advertisement -

“Upaya perbaikan terus dilakukan pemerintah. Dari kebijakan yang berbasis riset dan inovasi, digitalisasi untuk memudahkan, menciptakan iklim usaha yang baik dan sehat, mendorong lahirnya enterpreneur atau pelaku usaha kreatif, membantu UMKM, ekonomi hijau, dan lain sebagainya,” jelas mantan Ketua Umum MUI pusat ini.

Upaya pemulihan ekonomi nasional ini, dikatakan Ma’ruf, tentu harus dilaksanakan secara integratif, kolaboratif, dan inklusif dengan melibatkan peran serta aktif semua lapisan masyarakat, pemerintah pusat dan pemerintah daerah, pengusaha besar dan pengusaha mikro, kecil, dan menengah, serta kalangan akademisi dan praktisi, hingga individu.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER