Rabu, 24 April, 2024

Amankan G20, Ratusan Personil Gabungan Diterjunkan

MONITOR, Jakarta – Polda Metro Jaya menurunkan ratusan personel gabungan untuk pengamanan dan pengawalan acara Presidensi G20 Finance Meeting 2022 di Jakarta, yang akan berlangsung mulai Selasa (15/2/2022).

Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Hendro Pandowo mengatakan, sebanyak 547 personel gabungan akan diterjunkan untuk mengamankan acara internasional tersebut.

“Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya dan Pemprov DKI Jakarta menggelar pengamanan Presidensi G-20 Finance Meeting 2022, yang melibatkan pengamanan 547 personel Polri dan TNI serta Pemda,” kata dia saat menggelar apel di Polda Metro Jaya, Senin (14/2).

Menurut Hendro, ada 26 obyek yang akan dijaga. Mulai dari pengamanan jalur, tempat penginapaan peserta, area dan luar gedung JCC senayan serta beberapa obyek lain.

- Advertisement -

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol, Endra Zulpan juga menyampaikan bahwa pengamanan nantinya akan turut ditempatkan mulai dari bandara, hotel-hotel tempat penginapan, sampai lokasi di JCC Senayan.

“Kegiatan pengamanan mulai dari kedatangan di bandara dengan sampai di objek di hotel,” imbuhnya.

Dikatakannya, untuk pelaksanaan pengamanan telah berjalan sesuai rencana hasil dari koordinasi dengan pihak Staf Khusus Menteri Keuangan (Menkeu), termasuk Deputi Keuangan Bank Central dan Gubernur Bank Central.

“Koordinasi sudah bagus sekali mudah-mudahan kita bisa melaksanakan dengan baik. Yang hadir ada 106 delegasi invising dan 340 yang melalui virtual,” ujarnya.

“Mudah-mudahan kita bisa melaksanakan G20 dengan sangat baik dan saya ingatkan Indonesia G20 adalah hak dan kewajiban Indonesia di dalam UUD dijelaskan bahwa Indonesia turut menciptakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan dan keadilan,” tambahnya.

Kendati ada pengetatan pengamana saat G20 berlangsung, namun tidak ada ruas jalan di Ibu Kota yang ditutup, hal tersebut diungkapkan, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Senin (14/2).

Perwira menengah Polri itu mengatakan penutupan arus hanya dilakukan saat kontingen delegasi melintas, dan saat-saat tertentu menurut kepentingan petugas.
Oleh karena itu, lanjut Sambodo, Jalan Asia Afrika, Jalan Pemuda kemudian seputaran Gelora Bung Karno (GBK) masih bisa dilalui masyarakat.

“Rute pengamanan sepanjang jalan sepanjang tol itu juga tidak dilakukan penutupan hanya dilakukan prioritas saat delegasi melintas,” kata Sambodo.

Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1994 itu mengatakan anak buahnya juga dikerahkan untuk pengawalan mulai dari bandara saat para delegasi datang.

Lalu, pengamanan terhadap kontingen delegasi menuju akomodasi di Hotel Fairmont dan Hotel Mulia. “Kemudian pengamanan di venue. Acara di Plaza JCC, acara dinner di pelataran GBK,” kata Sambodo.

Di informasikan, ada 20 negara yang tergabung dalam G20 itu antara lain Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Argentina, Brazil, Inggris, Jerman, Italia, Prancis, Rusia, Afrika Selatan, Arab Saudi, Turki, China, Jepang, Korea Selatan, India, Indonesia, Australia, dan Uni Eropa.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER