Rabu, 8 Desember, 2021

Abaikan Interpelasi, M Taufik Klaim Formula E Direstui Jokowi

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M Taufik, mengklaim ajang perhelatan Formula E sudah mendapat dukungan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menyusul adanya tantangan dari Jokowi kepada pembalap Sean Gelael, untuk menjajal Formula E.

Pernyataan Jokowi tersebut langsung ditangkap politisi Partai Gerindra ini sebagai isyarat kalau pemerintah pusat mendukung balapan Formula E digelar di Jakarta.

Apalagi, kata dia, kegiatan itu berskala internasional karena bakal dihadiri oleh sejumlah peserta mobil balap listrik Formula E dari berbagai negara.

“Dengan menantang itu kan berarti menyetujui adanya program Formula E,” ujar Taufik di DPRD DKI Jakarta pada Senin (15/11/2021).

- Advertisement -

Karena itulah, Taufik menilai rencana interpelasi Formula E yang diajukan 33 koleganya dari Fraksi PDI Perjuangan dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dianggap tak relevan. Apalagi 73 anggota DPRD DKI Jakarta dari tujuh fraksi lainnya menolak menggunakan hak interpelasi, sehingga prosesnya mandek di tengah jalan.

Taufik juga meyakini tidak ada kesalahan dalam penganggaran Formula E yang dikeluarkan pemerintah daerah melalui PT Jakarta Propertindo (Jakpro) serta Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta. Hal itu dikatakan Taufik menyusul pemeriksaan yang dilakukan KPK terhadap rencana Formula E.

“Kalau saya baca (berita) di KPK bahwa akan dihentikan (pemeriksaaan) bila tidak terjadi tindak pidana. Saya kira begitu (tidak ada kerugian negara),” imbuhnya.

Sekedar Diketahui, pembalap Sean Gelael mendapat tantangan khusus dari Presiden Joko Widodo mengikuti balap Formula E 2022. Kebetulan salah satu seri Formula E, akan dilangsungkan di Jakarta pada 4 Juni 2022.

Tantangan diberikan Jokowi saat bertemu langsung dengan Sean Gelael dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, Bambang Soesatyo alies Bamsoet di sela-sela peresmian Sirkuit Mandalika, NTT, Jumat (12/11/2021).

Bamsoet yang mengungkapkan ikhwal tantangan Jokowi kepada Sean. “Pak Presiden Jokowi menantang Sean Gelael agar bisa berlaga di ajang balap Formula E di Jakarta tahun depan,” ujar Bamsoet, Jumat, (12/11/2021).

Menurut Bamsoet, saat Jokoei melemparkan tantangan tersebut, Sean yang baru saja menjadi runner up kejuaraan dunia balap ketahanan FIA World Endurance Championship itu tidak bisa menjawab. Putra Ricardo Gelael itu hanya tertawa.

Bamsoet berharap Sean akan mau memenuhi tantangan Jokowi ikut berlaga di Formula E musim depan.

“Sekaligus supaya Sean Gelael bisa menjadi local hero di ajang balap dunia FIA Formula E di mana kota Jakarta akan menjadi tuan rumah pada 4 Juni 2022,” harap Bamsoet.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER