Kamis, 20 Januari, 2022

Jokowi Optimis Ekonomi Asia dan Asian Tenggara Berangsur Pulih

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo sangat optimis melihat tanda-tanda pemulihan ekonomi negara berkembang di Asia dan Asia Tenggara. Menurutnya kebangkitan ekonomi di kawasan ini sudah mulai terlihat.

“Asian Development Bank memperkirakan perekonomian negara berkembang di Asia tumbuh 7,1 persen dan Asia Tenggara tumbuh 3,1 persen pada 2021,” ujar Jokowi dalam forum KTT ke-14 BIMP-EAGA secara virtual, Kamis (28/10/2021).

Dalam forum KTT, Jokowi menyampaikan bahwa semua pihak perlu memastikan proyeksi pertumbuhan dari ADB tersebut akan tercapai.

Apalagi, kerjasama antara Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) yang saat ini diketuai Indonesia menjadi kunci pemulihan ekonomi kawasan ini.

- Advertisement -

Dijelaskan Jokowi, BIMP-EAGA telah menghasilkan kerja sama konkret antarwilayah di bagian timur Asia sejak pembentukannya pada tahun 1994.

“BIMP-EAGA juga telah berkontribusi dalam membangun perekonomian subkawasan melalui peningkatan daya saing konektivitas serta perdagangan pariwisata dan investasi,” imbuhnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER