Selasa, 30 November, 2021

Wujudkan Situasi Kondusif, Ini Konsep yang Dilakukan Rutan Depok

MONITOR, Depok – Sebagai ujung tombak di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Depok, para petugas keamanan Rutan memiliki peran penting dalam mewujudkan situasi kondusif. Pembinaan, bimbingan merupakan kemampuan yang wajib dimiliki petugas Rutan.

Selain dua hal tersebut, para petugas pengamanan Rutan juga dituntut untuk mampu memelihara keamanan di lingkungan Rutan.

Konsep ini menjadi penekanan penting bagi petugas regu pengamanan Rutan untuk membentuk para awarga Binaan pemasyarakatan (WBP) atau narapidana menjadi manusia seutuhnya, menyadari kesalahan, memperbaiki diri dan tidak mengulangi tindak pidana sehingga dapat diterima kembali oleh lingkungan masyarakat.

“(Tugas dan fungsi pegawai) Ini merupakan hal yang penting untuk selalu diingatkan kepada para petugas pengamanan Rutan,” kata Plt Kepala Rutan Kelas I Depok, Muhamad Irvan Muayat, seusai memberikan ‘Penguatan’ kepada petugas pengamanan Rutan, Selasa (19/10/2021).

- Advertisement -

Irvan menjelaskan, dalam kegiatan penguatan yang juga dihadiri oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (Ka. KPR), Nu’man Fauzi tersebut, dirinya juga menekankan kepada regu pengamanan bahwa pentingnya menjaga integritas, loyalitas dan kekompakan agar tugas dan tanggung jawab yang diberikan terlaksana dengan baik.

“Jadi, penguatan yang diberikan ini, diharapkan mampu membuat para petugas pengamanan memiliki satu komitmen, yakni mewujudkan situasi kondusif. Semoga dengan adanya penguatan ini, kekompakkan, saling mendukung, saling menjaga dan saling koordinasi, akan selalu terwujud di lingkungan Rutan Depok,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER