Jumat, 3 Mei, 2024

Kelurahan Limo Depok Gelar Pelatihan Olahan Pangan Lokal

MONITOR, Depok – Puluhan warga Kelurahan Limo mendapatkan pelatihan olahan pangan produk lokal secara gratis. Pelatihan diberikan untuk mendukung pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kelurahan Limo.

Lurah Limo, Aa Abdul Khoir mengatakan, pelatihan diberikan kepada 60 peserta. Pelatihan ini dibagi menjadi dua sesi dengan waktu yang berbeda.

“Pelatihan harus tetap pakai protokol kesehatan (protkes) jadi kami bagi dua sesi. Untuk 30 peserta melakukan pelatihan pada 20 hingga 22 September 2021 dan sesi kedua, 30 peserta lagi pada 27 hingga 29 September 2021 di Mizzu Cafe,” ujarnya, dikutip Minggu (24/09).

Dirinya menjelaskan, pelatihan olahan pangan produk lokal dilakukan agar masyarakat bisa secara mudah menemukan bahan utama pangan. Namun bisa diolah kembali berdaya jual tinggi.

- Advertisement -

Misalnya, sambung dia, pengolahan singkong, ayam dan tahu menjadi makanan yang bernilai jual. Lalu, bisa juga nugget dengan bahan dasar tahu yang dihaluskan ditambah daging dan sebagainya.

“Pelatihan ini untuk mengembangkan potensi masyarakat, khususnya pengembangan UMKM agar lebih produktif dalam membuat makanan beku dengan bermacam-macam varian olahan berdaya jual tinggi.”

“Selain itu juga limbah hasil rumah tangga dari minyak jelantah bisa menjadi sabun, sampai limbah hasil sayur dan buah-buahnya menjadi eco enzyme untuk pupuk rumah tangga,” tuntasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER