Kamis, 23 September, 2021

Jangan Anggap Sepele, Ini Enam Sparepart Motor yang Wajib Dicek Berkala

MONITOR – Pasalnya semua pemilik kendaraan sepeda motor harus tahu tentang sparepart. Enggak perlu tahu semua, paling tidak tahu dasarnya, kamu harus mengerti fungsi dari sparepart yaitu cara memilih sparepart serta perawatannya. Sebab, hal ini dapat berpengaruh pada kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara.

Selain itu, pengeluaran kamu juga bisa lebih hemat. Tetapi kalau kamu belum tahu sparepart motor apa saja yang perlu perawatan khusus, kali ini kami akan memberikan daftar dan caranya. Berikut ini beberapa bagian sparepart motor yang harus diketahui.

1. Rem

Salah satu bagian penting dari sparepart motor adalah rem. Pada sepeda motor ada 2 jenis rem yang sering dipakai, yakni tromol dan cakram. Rem cakram bekerja dengan memanfaatkan daya jepit dari komponen yang berputar. Berbeda dengan jenis tromol yang memanfaatkan tekanan satu arah sehingga dapat menimbulkan gesekan untuk mekanisme pengeremannya.

- Advertisement -

Cairan rem di penampungan juga harus di cek secara rutin supaya dapat bekerja lebih optimal. Biasanya, tampungan cairan rem pada sepeda motor terletak pada bagian roda depan dan roda belakang. Selain cairan rem, kamu juga harus memperhatikan ketebalan dari kanvasnya. Kanvas rem yang terlalu tipis sangat berbahaya saat terjadi pengereman mendadak.

2. Rantai motor

Pada rantai motor settingannya tidak boleh terlalu kencang dan kendur. Paling tidak kamu harus memberikan jarak 1 inci saat mengatur rantai antara dua sisinya. Tujuan dari hal tersebut supaya putaran rodanya tidak terlalu berat. Salah satu perawatan yang harus kamu lakukan pada rantai motor adalah membersihkannya. Pastikan kamu selalu memberikan pelumas pada rantai supaya gesekan antar gear tidak cepat terkikis.

3. Ban

Salah satu hal sepele yang menjadi masalah saat berkendara adalah tekanan ban yang kurang atau lebih. Meski sepele, sepeda motor yang kekurangan tekanan ban dibawah normal membuatnya lebih cepat untuk menyerap panas. Apalagi untuk sepeda motor yang sering dipakai berkendara, maka ban bisa mudah pecah. Selain itu, kamu juga harus selalu memperhatikan ketebalan ban. Kalau ketebalannya sudah berkurang 1 sampai 2 mm, diharuskan untuk segera mengganti dengan yang baru.

4. Oli mesin

Kinerja motor akan tetap optimal jika penggunaan oli mesin yang bagus. Karena oli berfungsi sebagai pelumas gesekan mesin sepeda motor supaya mampu menghasilkan tenaga yang optimal. Saat mengganti oli kamu juga harus memperhatikan filter untuk keawetan mesin kendaraan. Meskipun motor jarang dipakai, kamu juga harus selalu mengecek oli untuk menghindari terjadinya pembekuan.

5. Aki

Berbeda dengan sparepart motor lainnya, kamu enggak perlu mengecek aki secara rutin. Untuk mengetahui apakah kondisi aki masih layak pakai, minimal pengecekan aki dilakukan sebulan sekali. Selalu cek level cairan pada aki, jika jumlahnya menurun segera untuk mengisinya sesuai batas standar. Air yang digunakan pun tidak boleh sembarangan, karena hanya ada dua jenis yang bisa digunakan, yakni air destilasi dan juga air bebas ion. Jika kamu menggunakan air yang mengandung mineral, seperti air sumur dan air keran dapat menimbulkan karat, aki rusak, bahkan tidak dapat berfungsi.

6. Busi

Meskipun kecil, busi juga menjadi komponen penting pada motor. Busi sendiri berfungsi sebagai pemantik pengapian supaya pembakaran mesin dapat bekerja secara optimal. Jika kondisi busi sudah kotor lebih baik segera ganti yang baru dan jangan membersihkannya. Kalau untuk jarak tempuh hingga 50.000 km kamu harus segera melakukan penggantian businya.

Tidak sulit bukan untuk merawat sparepart motor. Meskipun hanya hal sepele, dengan melakukan perawatan secara rutin berkendara jadi lebih nyaman dan aman. Pilih sparepart original supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Kamu bisa mengecek sparepartnya di Shopee.

Di Shopee kamu bisa menemukan banyak pilihan sparepart dari berbagai merek terpercaya, mulai dari Yamaha, TVS, Honda, Suzuki dan masih banyak lagi lainnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER