Kamis, 25 April, 2024

Agar Riset Optimal, DPR Tak Keberatan BOPTN Pindah ke Kemendikbudristek

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifuddian, menyambut baik perpindahan anggaran Bantuan Operasional bagi Perguruan Tinggi Negeri untuk Penelitian (BOPTN Penelitian) ke Kemendikbudristek. Adapun total anggaran yang akan dipindahkan sebesar Rp1,154 triliun, dan diperkirakan proses revisinya akan selesai pada Juni 2021.

Hetifah pun optimis Mendikbudristek Nadiem Makarin akan mengalokasikan dana tersebut sesuai kebutuhan-kebutuhan riset saat ini.

“Saya berharap, riset-riset yang ada dapat dioptimalkan sesuai dengan kebutuhan yang ada di masyarakat. Misalnya untuk penyediaan gawai, saya sangat berharap ini bisa berasal dari kerja sama riset dan industri dalam negeri,” ujar Hetifah saat rapat kerja di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, belum lama ini.

Dalam rapat itu, Hetifah berharap Kemendikbudristek juga dapat mengajak peneliti-peneliti Indonesia yang berkiprah di lembaga riset kelas dunia untuk kembali ke dalam negeri. Terkait persiapan pembelajaran tatap muka (PTM), Kemendikbudristek menyatakan sebagian sekolah telah melaporkan kesiapannya melalui website. Setidaknya sudah 40 persen sekolah yang melakukan pelaporan. Dari 40 persen tersebut, 30 persennya menyatakan siap melakukan PTM.

- Advertisement -

Terkait hal itu, Hetifah meminta Kemendikbudristek memperhatikan terkait representasi data-data ini. “Jangan sampai ada bias dalam pengambilan kesimpulan. Jangan-jangan, mereka yang melapor adalah yang memang memiliki kapabilitas tinggi dan akses internet yang baik, sehingga data tidak representatif,” pungkas Legislator dari Fraksi Golkar ini.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER