Kamis, 28 Maret, 2024

Cak Imin Dorong Pemerintah Ambil Arah Kebijakan Ekonomi Hijau

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar menyerukan kembali pentingnya mengambil arah kebijakan ekonomi hijau untuk mempertahankan sumber daya alam dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Menurutnya, dengan adanya ekonomi hijau, model pembangunan pun harus berkelanjutan.

Politikus yang akrab disapa Cak Imin ini menjelaskan, ekonomi hijau merupakan upaya menempuh langkah pemulihan hijau yang memprioritaskan model pembangunan berkelanjutan. Semuanya berporos pada paradigma pembangunan yang menjadikan pertumbuhan ekonomi, keterjagaan lingkungan dan ketahanan sosial sebagai satu tarikan nafas pelaksanaan pembangunan.

“Pembangunan yang kita lakukan di Indonesia menunjukkan kemajuan yang signifikan. Namun, kemampuan sumber daya alam kita terus menurun. Pertumbuhan ekonomi tidak dapat dipertahankan apabila kita mengabaikan kemampuan sumber daya alam dan mutu lingkungan hidup,” katanya.

Ketua Umum PKB ini menuturkan, saat ini Indonesia berada di jalur pembangunan yang sulit untuk dipertahankan. Eksploitasi sumber daya alam secara terus menerus, penerapan pembangunan yang tinggi karbon, penggunaan energi berbahan fosil dan tidak efisien, telah berdampak pada kuaitas lingkungan.

- Advertisement -

Selain itu, model pembangunan yang eksploitatif dan ekstraktif telah menyebabkan bencana ekologis dan hidrometeorologi yang semakin sering terjadi. Pendekatan pembangunan yang ditempuh selama ini, lanjut mantan Menteri Ketenagakerjaan ini, dapat tidak berkelanjutan dan berpotensi membatasi pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, serta pengentasan kemiskinan.

“Saat ini, kita perlu komitmen dan upaya masif mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan serta menurunkan emisi karbon secara bersamaan, terlebih di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang menyebabkan 2,7 juta penduduk di Indonesia kehilangan pekerjaan yang meningkatkan angka pengangguran,” terangnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER