Bangun Jakarta, Anies Dorong Adanya Terobosan dan Kolaborasi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya A Riza Patria/ dok: net

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan pembangunan di Jakarta harus direncanakan secara gotong royong atau kolaboratif, karena pelaku pembangunan di Jakarta bukan hanya dari pemerintah saja, melainkan dari pihak swasta dan unsur masyarakat.

Sebab dikatakan Anies, tantangan yang dihadapi Jakarta tidak sederhana di masa pandemi ini. Hal tersebut disampaikan Anies saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021.

“Karena itu perlu banyak terobosan, kebaruan dalam cara-cara bekerja, yang berbeda dengan masa sebelumnya,” kata Anies Baswedan.

Ia menyatakan begitu banyak peluang kolaborasi dalam membangun Jakarta. Banyak dari program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang hanya bisa dikerjakan bersama-sama.

“Ada beberapa program yang perlu kolaborasi khusus dengan pemerintah pusat. Kita perlu pastikan semua rencana waktu dan target disusun sebaik-baiknya. Terutama untuk program-program mendasar seperti infrastruktur transportasi, pengembangan kawasan, pengembangan pariwisata, pengendalian banjir, dan infrastruktur air bersih,” terang Anies.

Anies pun berharap Musrenbang tahun ini harus fokus untuk menunaikan agenda yang telah menjadi komitmen DKI pada RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) 2017-2022.