Kini Punya Koperasi, Begini Harapan Disabilitas Depok untuk Pemerintah Kota

Launching koperasi PPDI Kota Depok

MONITOR, Depok – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Depok sigap dalam membaca kebutuhan kaum disabilitas. Khususnya buat mereka yang dengan keterbatasannya tetap mau produktif dan membuka usaha.

Untuk membantu menyalurkan usaha mereka, PPDI Kota Depok pun mendirikan koperasi.

Menurut Ketua DPC PPDI Depok Natalina, koperasi tersebut nantinya menjadi mitra usaha kaum disabilitas untuk memasarkan usahanya.

“Mereka nanti bisa menjual produk-produk usaha mereka di koperasi. Selain itu koperasi ini juga akan berusaha memenuhi kebutuhan mereka seperti sembako dengan harga yang lebih murah,” kata Natalina, seusai syukuran dan lounching Koperasi PPDI Depok di wilayah Pancoran Mas, Rabu (07/04).

Dijelaskan Natalina, koperasi PPDI juga nantinya akan bermitra usaha dengan lembaga-lembaga lain, Dinas koperasi dan lainnya yang bisa memberikan nilai ekonomi bagi anggotanya.

Sementara itu Ketua Koperasi PPDI Depok Kanthi Rahayu berharap koperasi tersebut nantinya bisa mendapat dukungan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dan bisa bekerjasama agar para kaum disabilitas bisa mengembangkan usahanya.

“Karena mereka butuh wadah yang bisa menyalurkan produk mereka ke pasaran,” kata Kanthi.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Depok, Nita Ita Hernita mengapresiasi terbentuknya Koperasi PPDI Depok. Ia pun berharap agar koperasi tersebut bisa bersinergi dengan Pemkot Depok.

“Jangan segan-segan datang ke kantor kami. Karena kita punya sejumlah program yang mungkin bisa membantu kaum disabilitas,” kata Nita.

Hal yang sama juga dikatakan Kasi Rehabilitasi Penyandang Disabilitas Dinsos Depok Eddy Muhammad. Eddy juga menyarankan agar koperasi PPDI Depok bisa bekerjasama secara intens dengan dinas koperasi untuk pengembangan usaha.

“Usahakan bersinergi dengan dinas koperasi depok biar nanti ada program-program umkm dan koperasi sehingga produk usahanya bisa dijual dan menghasilkan nilai ekonomi,” kata Eddy.

Pada acara tasyakuran terbentuknya Koperasi PPDI Depok itu, hadir pula Ketua PPDI Jawa Barat Norman Yulian dan Ketua Dewan Pembina DPP Pemuda LSM Lira dan Wakil President Hubungan antar Lembaga DPP LSM LIRA Imam Bogie Yudhaswara.

Bahkan Bogie sapaan akrabnya pun sempat memborong sembako yang dijual di koperasi PPDI untuk dibagikannya kembali kepada para disabilitas.