Rokhmin Dahuri: Potensi Kabupaten SBB Memenuhi Syarat jadi Sentra Lumbung Ikan Nasional

MONITOR, Seram Bagian Barat – Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB University, Prof Rokhmin Dahuri bersama rombongan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI melakukan kunjungan kerja ke sejumlah lokasi di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Provinsi Maluku. Kamis (4/3/2021).

Saat meninjau Pasar Ikan Tradisonal Piru dan Dermaga Pelabuhan Hatu, Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu mengatakan bahwa kunjungannya bersama rombongan KKP dalam rangka memenuhi undangan mengaku bersyukur mendapat undangan dari Bupati SBB, M Yasin Payapo untuk menggali dan memetakan potensi kelautan dan perikanan di SBB.

“Intinya bagaimana potensi yang dimiliki SBB ini dapat meningkatkan kemajuan sektor perikanan dan bisa mensejahterakan Nelayan, para pebudidaya Ikan dan para pengelola ikan dan lain-lain,” terangnya.

Rokhmin menegaskan bahwa tujuan utama lumbung ikan nasional seperti yang diharapkan presiden Jokowi adalah kesejahteraan masyarakat. Pemerintah menurut ketua umum masyarakat akuakultur Indonesia (MAI) tersebut telah mencanangkan anggaran mendongkrak sektor perikanan untuk Maluku.

‚ÄúPastikan tujuan Lumbung Ikan Nasional (LIN) harus sejahtra. Saran Pak Presiden adalah faktor pertama orangnya harus sejahtra. Dan untuk tahun ini Pemerintah Pusat sudah canangkan bajet (anggaran) tambahan untuk Maluku dari yang sudah dialokasikan disektor perikanan yaitu 3,7. Triliun. Dan dari situ banyak yang dianggarkan ke Kabupaten SBB. Alasannya karena potensi perikanan penangkapan ikan di SBB memenuhi syarat jadi salah satu sentra LIN, di provinsi Maluku,” jelasnya.