PKS Kecewa Usulan Pansus Jiwasraya Hampir Setahun ‘Menggantung’

Anggota Fraksi PKS DPR RI Mardani Ali Sera

MONITOR, Jakarta – Politikus PKS Mardani Ali Sera mengingatkan usulan pembentukan Pansus Jiwasraya sudah satu tahun menggantung. Ia menilai hingga kini tidak ada progres, meski sudah sampai pada meja pimpinan DPR.

Sebagai parpol pengusul, Mardani bahkan mengungkapkan pihaknya sudah mengingatkan usulan Pansus Jiwasraya ketika di Rapat Paripurna penutupan persidangan III pada 10 Februari 2021 lalu.

“Namun hingga kini, hal tersebut belum ditindaklanjuti,” kata Mardani kecewa, Senin (22/2/2021).

Padahal menurutnya, semangat usulan membentuk Pansus baik agar kasus tersebut jelas, transparan dan dapat diselesaikan lebih cepat.

“Harus ada penanganan yang lebih serius agar tidak merugikan masyarakat dan industri keuangan secara keseluruhan. Jika tidak, jelas bisa memengaruhi industri keuangan dan perekonomian nasional,” terangnya.

Dalam kasus Jiwasraya, Anggota DPR RI dari Fraksi PKS ini mengingatkan potensi kerugian sampai masalah keadilan bagi nasabah jelas terlihat. Contohnya, potensi kerugian negara yang mencapai 13,7 triliun, lebih besar 2x dari nilai kasus Bank Century 6,7 triliun.

Kemudian, adanya dugaan manipulasi laporan keuangan sehingga memudarkan publik dlm menilai kinerja perusahaan seperti yang tertera pada pengaturan pos cadangan premi, revaluasi aset dan nilai aset lainnya.

“Semua ini terlihat seperti kecurangan yang terorganisir. Tidak salah publik melihat Jiwasraya yang dirusak cukup rapi dari dalam,” tandasnya.