Natalius Pigai jadi Korban Rasisme, PKS: Polri Harus Tindak Tegas

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid (dok: net)

MONITOR, Jakarta – Ujaran rasisme yang dilontarkan Ambroncius Nababan, yang diduga merupakan relawan pendukung Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, terhadap eks Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai menuai kritikan Hidayat Nur Wahid.

Wakil Ketua MPR RI ini menilai ujaran rasisme yang diunggah Ambroncius di laman Facebooknya terhadap Natalius Pigai tidak dapat dibenarkan. Hal tersebut bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila dan melanggar HAM.

“Sangat ditolak tindakan dan ujaran-ujaran rasisme yang dilakukan oleh beberapa pihak dan ditujukan kepada Natalius Pigai. Rasisme seperti itu jelas tak sesuai dengan Pancasila, UUDNRI 1945 juga melanggar HAM,” kata Hidayat Nur Wahid, Senin (25/1/2021).

Dalam tangkapan layar yang beredar, Ambroncius mengunggah foto Natalius Pigai dan menyandingkannya dengan foto gorila. Pada unggahan lainnya, ia juga mengomentari pemberitaan yang memuat pernyataan Natalius bahwa rakyat berhak menolak vaksinasi.

Terkait ujaran rasisme ini, Hidayat pun meminta aparat kepolisian bertindak tegas menyelesaikan masalah itu agar rakyat tidak terpecah belah.

“Harusnya Kepolisian ambil tindakan segera dan tegas. Untuk jaga Pancasila, NKRI dan agar warga tak makin terbelah,” tandas Politikus PKS ini.