Kalsel Dilanda Banjir, PKS: Selidiki Deforestasi di Kalimantan

Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Mardani (F-PKS)/Foto:Runi/Iw/dpr.go.id)
Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Mardani (F-PKS)/Foto:Runi/Iw/dpr.go.id)

MONITOR, Jakarta – Fenomena bencana banjir di Kalimantan Selatan menuai sorotan dari politikus PKS, Mardani Ali Sera. Ia menilai kerusakan bumi seperti banjir Kalsel merupakan imbas ulah tangan-tangan manusia yang tidak menjaga alam.

Mardani mendorong pemerintah agar serius mengevaluasi secara menyeluruh perusahaan-perusahaan yang berkaitan dengan penggundulan dan pembakaran hutan di Kalsel.

“Banjir di Kalsel merupakan pertanda bagi kita untuk mulai berani mengungkap perusahaan-perusahaan yang melakukan kejahatan lingkungan. Kerusakan bumi tidak lain diakibatkan oleh kita, manusia,” kata Mardani mengingatkan, Selasa (19/1/2021).

“Selidiki deforestasi di Kalimantan!” sambungnya tegas.

Selain itu, Anggota DPR RI dari Fraksi PKS ini meminta agar pemerintah menjalankan konsep manajemen hutan dan mengiringinya dengan menjunjung tinggi nilai-nilai transparan, akuntabel, koordinatif dan inklusif.

“Jika hal tersebut berjalan dengan baik, diharapkan mampu menciptakan suatu sense of belonging yang tinggi mengenai hutan dari semua pihak, masyarakat, pemerintah sab pengusaha,” imbuhnya.