TNI AL Buka Posko Penyaluran Bantuan Bencana Kalsel dan Sulbar

“Pendirian Posko Bencana ini bertujuan supaya memudahkan pengumpulan bantuan”

MONITOR, Jakarta – TNI Angkatan Laut (AL) mendirikan beberapa Pos Komando (Posko) bencana alam di tiga kota yakni di Jakarta, Surabaya dan Makassar.

Kepala Dinas Penerangan TNI AL (Kadispenal), Laksma TNI Julius Widjojono, mengungkapkan bahwa hal itu dalam rangka melaksanakan operasi kemanusiaan membantu masyarakat korban bencana gempa bumi di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), dan banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Pendirian Posko Bencana ini bertujuan supaya memudahkan pengumpulan bahan bantuan sosial (bansos) dari para donator yang berasal dari instansi, organisasi maupun masyarakat,” ungkapnya kepada media, Jakarta, Minggu (17/1/2021).

Setelah bansos terkumpul, lanjut Julius, TNI AL berencana membawa barang  bantuan tersebut menggunakan Kapal perang Republik Indonesia (KRI) sampai ke pihak yang berhak menerimanya.

“TNI AL akan bekerjasama dengan pihak-pihak instansi yang berwenang dalam penyaluran bantuan,” ujarnya.

Julius mengatakan, Posko-Posko yang didirikan TNI AL yakni Posko wilayah Jakarta berada di Kantor Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Dispotmaral) Jalan Boulevard Bukit Gading Raya Nomor 10 Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara, dan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Jalan Raya Pelabuhan, Pos IX  Tanjung Priuk, Jakarta Utara, dan Markas Komando Koarmada I di Jalan Gunung Sahari 67, Jakarta Pusat.

“Sementara Posko Bencana di Surabaya  berada di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Surabaya, Pertokoan Jala Jaya, Jalan Sarwajala Nomor 2 Ujung, Semampir. Sedangkan di Makassar TNI AL membuka Posko di Lantamal VI Makassar Jalan Yos Sudarso Nomor 308,” katanya.